Bupati Purbalingga imbau masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan

Bupati Purbalingga imbau masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. ANTARA/HO-Pemkab Purbalingga/pri.

Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengimbau masyarakat di wilayah setempat tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 agar kabupaten tersebut segera menjadi zona hijau.

"Pada saat ini jumlah pasien COVID-19 di Purbalingga yang telah sembuh dan diperbolehkan pulang terus bertambah, kendati demikian kami mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin.

Bupati berharap pasien yang saat ini masih dirawat juga diharapkan akan segera sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Baca juga: 68 pasien COVID-19 di Purbalingga telah sembuh

"Dengan demikian diharapkan Purbalingga akan segera menjadi zona hijau dan tidak ada lagi penambahan pasien COVID-19 di wilayah ini," katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, kata dia, masyarakat harus terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam rangka adaptasi kebiasaan baru.

"Karenanya protokol kesehatan harus terus diterapkan dan menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono menjelaskan jumlah keseluruhan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah setempat ada sebanyak 73 orang.

"Dari 73 orang tersebut 68 di antaranya telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, satu orang meninggal dunia dan empat orang masih dalam perawatan," katanya.

Baca juga: 2.326 orang positif COVID-19 di Sumsel dinyatakan sembuh

Dia menambahkan pihaknya juga masih terus melakukan tes cepat dan tes usap secara massal guna menemukan dan menelusuri potensi orang tanpa gejala sebagai upaya mencegah penularan virus tersebut di wilayah ini.

"Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan kegiatan tes usap secara massal di Stadion Goentur Darjono dan hasilnya adalah negatif semua, kami juga telah melakukan tes usap di lingkungan Pemkab Purbalingga dan hasilnya juga negatif semua," katanya.

Sementara itu dia juga menambahkan bahwa pihaknya masih terus menyosialisasikan mengenai adaptasi kebiasaan baru dan juga mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat.

Baca juga: Ketua dan seorang Komisioner KPU Barito Timur positif COVID-19
Baca juga: Kemarin 80.952 pasien COVID-19 sembuh, Sumba hadapi 217 gempa susulan


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Epidemiologi ungkap 80 persen pasien adalah OTG dan bergejala ringan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar