Sudah 1.020 orang daftar jadi relawan uji vaksin sinovac

Sudah 1.020 orang daftar jadi relawan uji vaksin sinovac

Petugas mengambil sampel darah relawan saat simulasi uji vaksin di RSP Unpad. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Bandung (ANTARA) - Manajer Lapangan Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Sinovac, dr Eddy Fadliyana menyebut sejauh ini sudah ada sekitar 1.020 calon relawan yang mendaftarkan diri untuk mengikuti uji vaksin dari Tiongkok itu.

Dia mengatakan pelaksanaan uji vaksin itu akan dilakukan Selasa 11 Agustus 2020. Pada hari pertama itu, uji vaksin bakal dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjadjaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung.

"Sebetulnya sama saja hanya pemeriksaan di RSP itu, tes usapnya (swab test) didahulukan. Sama saja sih prosedurnya, tidak ada yang berbeda, besok RSP imunisasi, kalau di tempat lain baru tahap awal," kata Eddy di Bandung, Senin.

Baca juga: Uji klinis calon vaksin COVID-19 hanya untuk warga Bandung Raya
Baca juga: Erick optimistis uji klinis vaksin Sinovac fase tiga berjalan baik


Menurut Eddy, semua tempat yang ditunjuk menjadi lokasi uji vaksin COVID-19 ini dipastikan sudah siap. Mulai dari sarana prasarananya, menurutnya sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Dia mengatakan uji vaksin itu dilakukan di enam lokasi, di antaranya yakni RSP Unpad, Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur, Puskesmas Dago, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Garuda, dan Puskesmas Ciumbuleuit.

Dari seluruh calon relawan yang sudah mendaftar, menurutnya tak menutup kemungkinan sudah ada ASN yang ikut mendaftar. Karena, kata dia, pendaftaran relawan itu terbuka untuk umum.

"Dari ASN mungkin ada, saya tidak melihat statusnya apa pokoknya masyarakat yang mau silakan saja," katanya.

Meski terbuka untuk umum, menurutnya ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh calon relawan antara lain usia relawan dalam rentang 18 hingga 59 tahun, dan dalam keadaan sehat tanpa penyakit bawaan.

Baca juga: BPOM: Uji klinik kandidat vaksin COVID-19 ukur keamanan
Baca juga: Tim Riset Vaksin COVID-19 Sinovac persilakan pejabat jadi relawan


 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menko Airlangga pastikan vaksinasi aman sesuai prosedur BPOM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar