IHSG diperkirakan kian menguat hari ini, ditopang rating RI oleh Fitch

IHSG diperkirakan kian menguat hari ini, ditopang rating RI oleh Fitch

Ilustrasi: Pengunjung beraktivitas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ANTARA FOTO/Reno Esnir/hp. (ANTARA/RENO ESNIR)

Kami proyeksi IHSG pada perdagangan hari ini dapat kembali melanjutkan penguatan
Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa pagi menguat seiring dipertahankannya peringkat Indonesia oleh lembaga pemeringkat kredit internasional Fitch Ratings.

IHSG menguat 6,79 poin atau 0,13 persen ke posisi 5.164,62. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak naik 1,27 poin atau 0,16 persen menjadi 808,16.

"Kami proyeksi IHSG pada perdagangan hari ini dapat kembali melanjutkan penguatan," tulis Tim Riset Samuel Sekuritas dalam laporan yang dikutip Antara di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Wall Street ditutup bervariasi, Indeks Dow Jones melonjak 357,96 poin

Semalam bursa AS ditutup variatif. Nampaknya pelaku pasar mulai mengalihkan perhatian dari saham teknologi dan kembali ke pandangan makro.

Hal itu didukung data ekonomi AS pada Juli yang membaik dan merespon perintah eksekutif oleh Presiden Donald Trump dalam rangka memperpanjang bantuan untuk masyarakat AS.

Dari domestik, hari ini akan dirilis data penjualan ritel dalam negeri Juni dan dimulainya uji coba klinik tahap III vaksin Bio Farma dimulai terhadap 1.620 relawan.

Baca juga: Rupiah Selasa pagi menguat 68 poin

Baca juga: Saham Aussie dibuka menguat, terkerek saham perbankan dan sumber daya

Sementara itu Fitch mempertahankan rating Indonesia ‘BBB’ dengan proyeksi stabil dan memperkirakan ekonomi Indonesia akan kontraksi dua persen tahun ini dan kembali tumbuh 6,6 persen tahun depan.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain Indeks Nikkei menguat 353,48 poin atau 1,58 persen ke 22.683,42, Indeks Hang Seng naik 469,33 poin atau 1,93 persen ke 24.846,76, dan Indeks Straits Times menguat 5,89 atau 0,23 ke 2.551,4.

Baca juga: Dolar AS menguat ditopang rencana stimulus fiskal di Amerika

Baca juga: Harga emas "rebound" 11,7 dolar dari penurunan akhir pekan lalu

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

IHSG menguat ikuti naiknya bursa dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar