Penulis "manga" ditangkap polisi, komik "Act-Age" resmi dihentikan

Penulis "manga" ditangkap polisi, komik "Act-Age" resmi dihentikan

Visual "Act-Age". (Shueisha)

Jakarta (ANTARA) - Akun Twitter resmi Weekly Shonen Jump Shueisha mengumumkan bahwa serial komik Jepang (manga) "Act-Age", resmi dihentikan lantaran sang penulis cerita, Tatsuya Matsuki ditangkap polisi karena kasus pelecehan seksual.

Dikutip dari Anime News Network, Selasa, bab yang akan muncul dalam edisi ke-36 dan ke-37 Shonen Jump, yang akan dikirimkan pada hari ini, akan menjadi bab terakhir dari serial itu.

Layanan Manga Plus Shueisha mengumumkan pada hari Sabtu (8/8) bahwa mereka tidak akan menerbitkan bab terakhir di platformnya. Layanan ini juga menyediakan pernyataan bahasa Inggris lengkap, yang merupakan terjemahan dari pernyataan bahasa Jepang dari Departemen Editorial Shonen Jump.

Matsuki Tatsuya, penulis "Act-Age" ditangkap pada 8 Agustus 2020. Departemen editorial menanggapi situasi ini dengan sangat serius, dan setelah mengkonfirmasi masalah dan mendiskusikannya dengan Shiro Usazaki, ilustrator serial ini.

"Kami sampai pada kesimpulan bahwa tidak mungkin melanjutkan serial. Bab yang ada di edisi gabungan 36-37 dari Weekly Shonen Jump akan menjadi bab terakhir," tulis Departemen Editorial Shonen Jump.

Mereka mengungkapkan penyesalannya untuk mengakhiri serial yang telah menerima begitu banyak dukungan dari begitu banyak pembaca. Namun, keputusan ini dibuat karena sifat kejadiannya, dan karena Weekly Shonen Jump mengakui bobot tanggung jawab sosialnya.

"Kami menawarkan penyesalan dan permintaan maaf kami yang terdalam kepada para pembaca kami. Ini adalah waktu yang sulit bagi Usazaki, tetapi bagian editorial menawarkan Usazaki dukungan dan dorongan kami untuk karya-karya selanjutnya," katanya menambahkan.

NHK melaporkan pada hari Sabtu (8/8) bahwa Matsuki ditangkap karena dicurigai melakukan tindakan tidak senonoh kepada seorang siswi sekolah menengah.

Menurut polisi, gadis itu sedang berjalan di Nakano, Tokyo pada 18 Juni pukul 20.00, ketika tersangka mendekati gadis itu dari belakang saat bersepeda dan menyentuhnya. Setelah itu, tersangka melarikan diri dari lokasi kejadian dengan menggunakan sepeda.

Gadis itu pergi ke polisi, yang menganalisis rekaman kamera keamanan untuk diselidiki. Polisi menemukan melalui rekaman keamanan bahwa sekitar satu jam kemudian, insiden serupa di jalan terdekat dengan siswa sekolah menengah perempuan yang berbeda terjadi, melibatkan tersangka yang mirip dengan Matsuki.

Matsuki dilaporkan mengatakan kepada polisi "tidak ada yang salah" dari tuduhan mereka.

Matsuki dan Usazaki meluncurkan manga aksi "Act-Age" di Weekly Shonen Jump pada Januari 2018.

Manga ini dinominasikan untuk Kodansha Manga Awards ke-43 tahun lalu, dan menginspirasi drama panggung yang akan tayang perdana pada tahun 2022.



Baca juga: Anime "The Promised Neverland" diadaptasi ke film "live-action"

Baca juga: Pengisi suara "Naruto" dan "Kimetsu no Yaiba" positif COVID-19

Baca juga: Volume terakhir manga "Haikyuu!!" akan rilis November 2020

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar