Bandung (ANTARA) - Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran (Unpad) yang merupakan tempat pelaksanaan uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac dijaga ketat oleh aparat TNI dan Polri menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo.

Presiden bakal berkunjung ke RSP Unpad setelah bertemu dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat di Makodam III Siliwangi, dan berkunjung ke PT Biofarma di Jalan Pasteur, Kota Bandung.

"Wartawan mohon menempati tempat yang dipersilakan seperti semula," kata seorang aparat TNI di depan RSP Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa.

Sebelumnya, Presiden hadir ke Makodam III Siliwangi pada pukul 10.00 WIB. Dia menyampaikan sejumlah hal mengenai penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi yang perlu dilakukan oleh daerah, termasuk Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Menkes: Presiden akan tinjau langsung uji vaksin COVID-19 di Bandung

Baca juga: Ridwan Kamil resmi daftar jadi relawan uji klinis vaksin COVID-19


Setelah itu sekira pukul 10.30 WIB, Presiden beserta rombongan berangkat menuju PT Bio Farma sebagai industri yang direncanakan memproduksi vaksin COVID-19.

Sejauh ini, Jalan Eyckman ditutup dan dijaga ketat untuk kedatangan Presiden Joko Widodo. Kemudian Jalan Rumah Sakit atau jalan yang merupakan sekat antara PT Bio Farma dan Rumah Sakit Hasan Sadikin juga ditutup untuk tempat rombongan kendaraan Presiden.

Rencananya Presiden bakal meninjau langsung proses uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac kepada sekitar 21 relawan yang sudah siap dilakukan penyuntikan. Sebanyak 21 orang itu sebelumnya sudah menjalani uji usap untuk memastikan kesehatannya.

Baca juga: Tim riset sudah tes usap 21 orang relawan uji vaksin COVID-19

Baca juga: Sudah 1.020 orang daftar jadi relawan uji vaksin sinovac

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020