PM Inggris blokir undangan untuk menteri Skotlandia ke rapat kabinet

PM Inggris blokir undangan untuk menteri Skotlandia ke rapat kabinet

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memberikan keterangan pers (ANTARA FOTO/REUTERS / John Sibley/aww.

Dia (Johnson) tidak menyukai gagasan bahwa Sturgeon dilihat pada tingkat politik yang sama dengannya
London (ANTARA) - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah memblokir rencana untuk mengundang Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon ke rapat kabinet, demikian laporan surat kabar Financial Times pada Selasa.

Proposal rencana mengundang menteri pertama Skotlandia itu dibuat oleh Menteri Kabinet Inggris Michael Gove sebagai sarana untuk menampung dukungan publik yang meningkat di Skotlandia untuk kemerdekaan.

Rencana undangan itu bertujuan untuk memberikan pemimpin Partai Nasional Skotlandia kesempatan menyampaikan pendapat secara langsung dalam rapat kabinet yang membahas kebijakan yang berdampak pada seluruh wilayah Inggris, menurut laporan Financial Times.

"Dia (Johnson) tidak menyukai gagasan bahwa Sturgeon dilihat pada tingkat politik yang sama dengannya," kata laporan surat kabar itu yang mengutip sebuah sumber.

Menurut sebuah jajak pendapat baru-baru ini, sebanyak 54 persen warga di Skotlandia menginginkan kemerdekaan, dan hal itu didorong oleh persepsi bahwa pemerintah semi-otonom Skotlandia telah menangani wabah virus corona lebih baik daripada pemerintah Inggris.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sturgeon: PM Inggris harus terima suara referendum kedua Skotlandia
Baca juga: Laporan parlemen Inggris: Rusia campuri referendum Skotlandia 2014

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PM Inggris Boris Johnson positif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar