Jakarta (ANTARA) - Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong resmi memulangkan 11 pemain timnas U-19, dari total 46 nama, yang saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa, Shin Tae-yong menegaskan bahwa pencoretan itu bukan karena kemampuan para pemain di bawah rata-rata.

"Mereka tidak bisa dikatakan kalah bersaing. Namun kami harus mengurangi dan memilih pemain yang akan dibawa ke TC selanjutnya terutama ke luar negeri," ujar Shin.

Baca juga: Shin Tae-yong condong pilih TC di Korsel daripada Eropa

PSSI memang berencana mengirimkan timnas U-19 menjalani TC di luar negeri dengan pilihan tempat di Korea Selatan atau salah satu negara di Benua Eropa.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa ke-35 pemain yang tersisa akan diikutsertakan ke luar negeri.

"Sisa pemain yang ada akan mengikuti TC hingga kami berangkat ke luar negeri," tutur Iriawan.

Dari penelusuran Antara, ke-11 pemain yang dicoret itu adalah Alif Jaelani, Hamsa Lestaluhu, Sutan Zico, Mahmud Cahyono, Darmawan, Sapta Figo, Kartika Vedhayanto, Rivaldo Lestaluhu, M. Husyen, Deka dan Arya Putra.

Timnas U-19 bersama timnas senior mengikuti TC di Jakarta yang rangkaian kegiatannya sudah dimulai sejak 23 Juli 2020.

Baca juga: PSSI: timnas senior dan U-19 berlatih pada Jumat

Namun, karena harus menunggu hasil tes usap (swab test) COVID-19, latihan di lapangan tepatnya di Stadion Madya Gelora Bung Karno baru dilakukan pada Jumat (7/8).

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Bagi timnas Indonesia, TC itu sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Baca juga: PSSI : Shin Tae-yong pilih semua pemain tim nasional
Baca juga: Ketum PSSI sementara jabat manajer timnas U-19
Baca juga: Pemerintah berikan Rp50,6 miliar untuk timnas Piala Dunia U-20

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020