Jericho, Tepi Barat (ANTARA News) - Para pejabat pabean Palestina, Rabu, membuang produk kecantikan dari Laut Mati senilai puluhan ribu dolar AS ke tempat pembuangan sampah. Hal itu adalah salah satu  bagian dari pemboikotan atas barang-barang buatan pemukim Israel.

"Pembinasaan itu ... sesuai dengan keputusan pemimpin Palestina untuk mencegah impor dan penjualan barang-barang yang diproduksi di permukiman tersebut," kata pejabat setempat Munthar Erakat.

Para pejabat menentukan nilai barang yang dihancurkan, termasuk sampo, krim wajah dan losion tangan yang dibuat dari Laut Mati yang kaya akan mineral. Nilai kosmetik yang dibuang  sebesar 55.000 dolar AS atau sekitar Rp550 juta.

Para pemilik toko di kota oasis Palestina Jericho (Ariha) di dekat Laut Mati menyatakan para pejabat setempat telah merazia toko mereka untuk mencari barang-barang itu.

Barang-barang itu dibuat oleh Dead Sea Cosmetics di bawah merk  terkenal Abava dan  dipasarkan oleh Kristin Davis, salah seorang bintang di dalam pertunjukan TV "Sex in the City".

Masyarakat internasional menganggap semua permukiman Israel di Tepi Barat Sungai Jordan dan Jerusalem Timur sebagai tidak sah, dan Palestina melihat permukiman itu sebagai ancaman besar bagi pembentukan negaranya  pada masa depan.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009