Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Selasa, setelah sehari sebelumnya bertengger di level tertinggi tiga pekan, terangkat oleh bank-bank besar yang terus memimpin kenaikan.

Indeks acuan S&P/ASX 200 naik 28,50 poin atau 0,47 persen menjadi ditutup pada 6.138,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries bertambah 25,00 poin atau 0,40 persen menjadi berakhir di 6.272,10 poin.

Hampir semua sektor diperdagangkan lebih tinggi, dengan kinerja sektor keuangan paling unggul, naik 1,1 persen.

Manajer portofolio TMS Capital, Ben Clark mengatakan investor beralih ke sektor keuangan yang lelah karena pandemi dalam beberapa hari terakhir, mirip dengan tren di Amerika Serikat.

"Kami melihat sedikit rotasi ke saham beta yang lebih tinggi, saham yang naik turunnya di gerakan perkembangan ekonomi, yang membutuhkan penarik ekonomi untuk menjalankannya," kata Clark.

"Pasar AS menjual saham-saham yang berkinerja baik selama COVID - saham teknologi seperti Amazon - dan orang-orang sekarang menumpuk di bank-bank AS."

Di sektor keuangan, bank-bank besar melonjak dengan Commonwealth Bank naik 0,97 persen, ANZ naik 1,76 persen, National Australia Bank naik 2,41 persen, dan Westpac Bank naik 2,66 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan BHP naik 0,90 persen, Rio Tinto naik 0,85 persen, Fortescue Metals turun 0,60 persen, dan penambang emas Newcrest turun 2,79 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas negara sebagian besar lebih tinggi dengan Oil Search tidak berubah, Santos naik 0,87 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,54 persen.

Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 0,64 persen dan Woolworths naik 0,23 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,30 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas melonjak 3,79 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,52 persen.

Baca juga: Saham Aussie merosot terseret sektor material dan perawatan kesehatan
Baca juga: Saham Australia dibuka menguat terangkat sektor perbankan dan konsumen
Baca juga: Saham Aussie dibuka menguat, terkerek saham perbankan dan sumber daya

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020