• SPIC mendapatkan 33% dari proyek LNG-to-power 3 GW GNA I dan GNA II 
• Menandatangani perjanjian untuk berpartisipasi di proyek perluasan GNA I dan GNA IV mendatang sebagai bagian dari keseluruhan daya 6,4 GW dan strategi hub gas domestik di Pelabuhan Açu

Rio de Janeiro (Antara/Business Wire)- Prumo, sebuah perusahaan swasta Brazil yang dikendalikan oleh EIG Global Energy Partners, bp dan Siemens menandatangani perjanjian yang mengikat dengan SPIC Brasil. Berdasarkan perjanjian tersebut, SPIC pada awalnya akan mengakuisisi 33% dari proyek LNG-to-power GNA I dan GNA II, yang berada di Pelabuhan Açu, Rio de Janeiro. SPIC juga telah menandatangani perjanjian untuk berpartisipasi dalam proyek perluasan masa depan GNA III dan GNA IV, yang diharapkan akan didorong oleh gabungan LNG dan gas domestik dari cadangan pra-garam Brasil yang sangat besar.

Penutupan perjanjian, yang dijadwalkan pada kuartal keempat tahun 2020, tunduk pada pemenuhan persyaratan tertentu yang biasa terjadi pada jenis transaksi ini, di antara yang lain.

GNA I dan GNA II merupakan proyek pembangkit listrik tenaga gas terbesar di Amerika Latin, dengan kapasitas terpasang 3 GW - cukup untuk memasok energi hingga 14 juta rumah tangga. Kompleks tersebut juga mencakup terminal LNG dengan total kapasitas 21 juta m3/hari. GNA I yang memiliki kapasitas terpasang 1,3 GW tersebut diharapkan dapat mulai beroperasi pada semester pertama tahun 2021. Kesepakatan tersebut meningkatkan potensi proyek perluasan GNA III dan GNA IV, yaitu proyek strategi hub gas domestik dan proyek energi terbarukan. Perkiraan total investasi yang direncanakan untuk gas dan pembangkit listrik GNA adalah sekitar 5 miliar dolar AS.

Kontribusi SPIC Brasil untuk kerjasama ini berpusat pada keahliannya dalam operasi dan strategi manajemen proyek di Brasil. Siemens - melalui badan pembiayaannya, Siemens Financial Services, dan bekerja sama erat dengan Siemens Energy - akan menyumbangkan modal, teknologi inovatif, dan keahliannya dalam mengelola proyek serupa. Selain itu, bp akan menyumbangkan portofolio LNG globalnya yang bertindak sebagai pemasok gas utama yang terintegrasi dan inovatif dan Prumo akan menyumbang seluruh infrastruktur pelabuhan, operasi, pengembangan dan integrasi proyek. Kemitraan tersebut memfasilitasi perluasan berbagai proyek dan menunjukkan komitmen untuk menyelesaikan investasi yang sedang dikembangkan.

BofA Securities dan Lakeshore Partners bertindak sebagai penasihat keuangan GNA dan sponsornya. Itaú BBA bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif SPIC. Mattos Filho bertindak sebagai penasihat hukum GNA dan sponsornya. Trench Rossi Watanabe bertindak sebagai penasihat hukum SPIC.

Siemens AG (Berlin dan Munich) merupakan pembangkit tenaga teknologi global yang telah berdiri untuk keunggulan teknik, inovasi, kualitas, keandalan, dan internasionalitas selama lebih dari 170 tahun. Perusahaan ini aktif di seluruh dunia, dengan fokus pada bidang pembangkit listrik dan distribusi, infrastruktur cerdas untuk gedung dan sistem energi terdistribusi, serta otomatisasi dan digitalisasi dalam industri proses dan manufaktur. Melalui perusahaan yang dikelola secara terpisah, Siemens Mobility, pemasok terkemuka solusi mobilitas cerdas untuk transportasi kereta api dan jalan raya, Siemens membentuk pasar dunia untuk layanan penumpang dan kargo. Karena kepemilikan mayoritasnya di perusahaan negeri Siemens Healthineers AG dan Siemens Gamesa Renewable Energy, Siemens juga merupakan pemasok terkemuka dunia untuk teknologi medis dan layanan perawatan kesehatan digital serta solusi ramah lingkungan untuk pembangkit listrik tenaga angin darat dan lepas pantai. Pada tahun fiskal 2019, yang berakhir pada 30 September 2019, Siemens menghasilkan pendapatan sebesar € 86,8 miliar dan laba bersih sebesar € 5,6 miliar. Pada akhir September 2019, perusahaan memiliki sekitar 385.000 karyawan di seluruh dunia. Informasi lebih lanjut tersedia di internet di www.siemens.com.

Siemens Financial Services (SFS) - bagian keuangan dari Siemens - menyediakan solusi keuangan bisnis ke bisnis. Gabungan unik dari keahlian keuangan, manajemen risiko dan pengetahuan industri memungkinkan SFS untuk menciptakan solusi keuangan inovatif yang disesuaikan. Dengan ini, SFS memfasilitasi pertumbuhan, menciptakan nilai, meningkatkan daya saing, dan membantu pelanggan mengakses teknologi baru. SFS mendukung investasi dengan pembiayaan peralatan dan leasing, pinjaman perusahaan, investasi ekuitas dan pembiayaan proyek dan terstruktur. Solusi perdagangan dan pembiayaan piutang melengkapi portofolio SFS. Dengan jaringan internasional, SFS beradaptasi dengan baik dengan persyaratan hukum khusus negara dan mampu memberikan solusi keuangan secara global. Di Siemens, SFS adalah penasihat ahli untuk risiko keuangan. Siemens Financial Services memiliki kantor pusat global di Munich, Jerman, dan memiliki hampir 3.000 karyawan di seluruh dunia. www.siemens.com/finance.

SPIC Brasil merupakan anak perusahaan dari State Power Investment Corporation (SPIC), generator energi global dan perusahaan proyek terkait. Di Brasil, ini diartikan ke dalam persatuan antara keahlian dan kekuatan keuangan dari kelompok besar orang China dan orang Australia yang merintis lebih dari 20 tahun pengalaman dalam energi terbarukan. Saat ini, SPIC Brasil mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Air São Simão, di perbatasan antara negara bagian Minas Gerais dan Goiás, Ladang Angin Milenium dan Ladang Angin Vale dos Ventos di Negara Bagian Paraíba. Di Brasil, perusahaan memiliki sekitar 160 karyawan yang berlokasi di São Paulo (SP), Natal (RN), São Simão (GO) dan Mataraca (PB). SPIC Global memiliki total kapasitas 151 GW terpasang. Memiliki lebih dari 130.000 karyawan di 64 negara tempatnya beroperasi.

Prumo kelompok ekonomi multi-bisnis yang bertanggungjawab untuk pengembangan strategi Pelabuhan Açu. Kami dikendalikan oleh EIG Global Energy Partners, dana berbasis di AS yang berfokus pada energi dan infrastruktur, dan juga Mubadala Investment Company, investor aktif dan inovatif yang mengalokasikan modal di berbagai segmen.

Melalui 6 perusahaan Grup (Porto do Açu Operações, Ferroport, Açu Petróleo, GNA, Dome dan BP Prumo) dan klien serta mitra kami, Pelabuhan Açu melayani segmen minyak & gas, logistik pelabuhan, dan pertambangan. Infrastrukturnya memiliki potensi unik untuk mendukung bisnis baru dan beberapa ceruk industri.

Dipandu oleh perspektif Prumo, Açu sekarang menjadi salah satu perusahaan terbesar dan paling menjanjikan di Brasil. Dengan keselamatan dan efisiensi operasional yang dipadukan dengan kekuatan visi jangka panjang Grup dan kedekatannya dengan kolam eksplorasi minyak utama, Açu berkonsolidasi menjadi solusi terbaik untuk permintaan yang paling menantang.

bp merupakan bisnis energi terintegrasi yang beroperasi di Eropa, Amerika Utara dan Selatan, Australasia, Asia, dan Afrika. Kami beroperasi di 79 negara. Dengan lebih dari 100 tahun pengalaman mendalami dunia energi, kami memahami pasar energi secara mendalam, dan telah mengembangkan kemampuan unik dalam perdagangan, pemasaran, teknologi, dan inovasi. Tujuan baru bp adalah menata ulang energi untuk manusia dan planet kita– agar bp menjadi perusahaan nol bersih pada tahun 2050 atau lebih cepat, dan membantu dunia mencapai nol bersih.

EIG Global Energy Partners (“EIG”), merupakan investor institusional terkemuka untuk sektor energi global dengan dana kelolaan 22,9 miliar dolar per 30 Juni 2020. EIG mengkhususkan diri dalam investasi swasta di bidang energi dan infrastruktur terkait energi pada basis global. Selama 38 tahun sejarahnya, EIG telah berkomitmen lebih dari 34,2 miliar dolar untuk sektor energi melalui lebih dari 360 proyek atau perusahaan di 36 negara di enam benua. Klien-klien EIG meliputi banyak program pensiun terkemuka, perusahaan asuransi, dana abadi, yayasan, dan dana kekayaan negara di AS, Asia, dan Eropa. EIG berkantor pusat di Washington, D.C. dengan kantor di Houston, London, Sydney, Rio de Janeiro, Hong Kong dan Seoul. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.eigpartners.com.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20200810005361/en/

Kontak
Pers
Siemens
Priscilla Garcez: +55 11 98996-2610 - priscilla.garcez@siemens.com
Jillian Lukach: +1 (732) 512-7550 - jillian.lukach@siemens.com

Prumo
Thaina Halac: +55 (21) 3114-0779 - thaina@danthicomunicacoes.com.br

SPIC
KONSULTAN PUBLIK
Cibele Gandolpho: +55 11 96477-2701 - cibele.gandolpho@mslgroup.com
Thaís Thomaz: +55 11 3169-9373 – thais.thomaz@mslgroup.com

EIG 
Sard Verbinnen & Co.
Kelly Kimberly/Brandon Messina: +1 212 687 8080

Sumber: Prumo

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020