Iran tangkap lima warganya yang jadi mata-mata asing

Iran tangkap lima warganya yang jadi mata-mata asing

Presiden Iran Hassan Rouhani berpidato di hadapan masyarakat di Yazd, Iran, Minggu (10/11/2019). ANTARA/via REUTERS/OFFICIAL PRESIDENTIAL WEBSITE/TM/aa.

Dalam beberapa bulan belakangan, warga Iran yang sedang mengintai untuk agen intelijen asing telah diamankan
Dubai (ANTARA) - Otoritas Iran menangkap lima warganya yang dituduh menjadi mata-mata untuk Israel, Inggris dan Jerman, dan mendakwa serta memvonis penjara sedikitnya dua di antara mereka, menurut pengadilan pada Selasa.

"Dalam beberapa bulan belakangan, warga Iran yang sedang mengintai untuk agen intelijen asing telah diamankan," kata juru bicara pengadilan Gholamhossein Esmaili melalui konferensi pers virtual.

Shahram Shirkhani menjadi mata-mata untuk agen intelijen Inggris dan berupaya merekrut sejumlah pejabat Iran untuk badan MI6 Inggris, kata Esmali.

Shirkhani membocorkan informasi rahasia tentang Bank Sentral Iran dan kontrak Kementerian Pertahanan, tambahnya. Ia dinyatakan bersalah dan diganjar hukuman penjara.

Sementara itu, Masoud Mosaheb, yang merupakan sekretaris jenderal asosiasi persahabatan Iran-Austria, juga divonis 10 tahun penjara karena menjadi mata-mata untuk badan intelijen Mossad Israel dan Jerman, katanya .

Juru bicara tersebut tidak memaparkan soal tiga tahanan lainnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Iran bredel koran setelah pakar ragukan angka resmi korban corona

Baca juga: Iran desak penyelidikan program nuklir "rahasia" Arab Saudi

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gubernur BI sebut penguatan rupiah berdampak positif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar