Kemarin, stimulus listrik hingga prediksi ekonomi minus 0,49 persen

Kemarin, stimulus listrik hingga prediksi ekonomi minus 0,49 persen

PLN perpanjang program bantuan listrik stimulus COVID-19 (ANTARA/Try M Hardi)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menggenjot kucuran sejumlah stimulus untuk mendorong daya beli dan membantu ekonomi masyarakat di kala pandemi, di antaranya yang terbaru keringanan listrik diperpanjang hingga Desember 2020.

Tak hanya itu, stimulus kepada UMKM sebesar Rp2,4 juta juga segera diluncurkan.

Namun, di sisi lain pertumbuhan ekonomi RI selama 2020 diproyeksi negatif hingga menyentuh minus 0,49 persen yang dipaparkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berikut rangkuman berita ekonomi yang menghiasi pemberitaan pada Selasa (11/8) yang masih hangat untuk dibaca kembali.

1. Stimulus keringanan listrik diperpanjang

Pemerintah memperpanjang stimulus keringanan tagihan listrik PT PLN hingga Desember 2020, atas dampak adanya pandemi COVID-19 yang terus merebak.

Berita selengkapnya klik ini

2. Bantuan UMKM Rp2,4 juta segera dikucurkan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah berencana meluncurkan bantuan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebesar Rp2,4 juta pada Agustus 2020.

“Kita rencananya yang Rp2,4 juta dengan data yang sekarang sedang di-clean-kan akan diluncurkan pada Agustus. Mungkin pada saat atau sesudah 17 Agustus nanti oleh Pak Presiden atau Menteri,” kata Sri Mulyani dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik ini

3. Ekonomi RI diprediksi tumbuh minus 0,49 persen 2020

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memprediksi perekonomian Indonesia selama tahun 2020 tumbuh minus 0,49 persen sebagai dampak pandemi COVID-19.

“Diharapkan di kuartal ketiga bisa membaik dengan prediksi minus dua, minus satu atau bahkan kita berharap bisa masuk positif,” katanya dalam peluncuran Koalisi Aksi Bersama Melawan Korupsi (CAC) Indonesia secara virtual di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik ini

4. Vaksin corona digenjot, IHSG menghijau

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa menghijau seiring perkembangan upaya penemuan vaksin COVID-19.

IHSG ditutup menguat 32,33 poin atau 0,63 persen ke posisi 5.190,17. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 5,4 poin atau 0,67 persen menjadi 812,3

Berita selengkapnya klik ini

5. Lelang tujuh seri SUN, pemerintah serap Rp22 triliun

Pemerintah menyerap dana Rp22 triliun dari lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN) untuk memenuhi sebagian pembiayaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total penawaran masuk Rp106 triliun.

Keterangan pers Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Jakarta, Selasa, menyatakan lelang ini melebihi target indikatif yang ditetapkan Rp20 triliun.

Berita selengkapnya klik ini

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Subsidi listrik rumah tangga dan UMKM diperpanjang hingga Desember

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar