Saat pandemi, perpustakaan keliling dibuka TNI di perbatasan RI-PNG

Saat pandemi, perpustakaan keliling dibuka TNI di perbatasan RI-PNG

Sejumlah anak-anak Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua di perbatasan RI-Papua Nugini, Selasa (11/8/2020) menikmati layanan perpustakaan keliling yang disediakan Satgas Pamtas Yonif 125/Si'mbisa sebagai kepedulian nyata TNI dalam meningkatkan pengetahuan belajar anak di masa pandemi COVID-19. (FOTO ANTARA/HO-Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih).

Hadirnya perpustakaan keliling ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami, apalagi anak-anak sudah lama tidak merasakan belajar di sekolah karena adanya pandemi COVID-19 yang sampai sekarang belum berakhir
Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI di Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 125/Si'mbisa menyediakan layanan perpustakaan keliling bagi siswa sekolah di Kampung Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini (PNG) sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan anak di tengah situasi pandemi COVID-19.

Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 125/Si'mbisa Letkol (Inf) Anjuanda Pardosi melalui keterangan tertulis Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih, Rabu, di Jayapura menyebutkan kegiatan perpustakaan keliling dilakukan prajurit TNI itu dilaksanakan di jalur 5 A Kampung Sota, yang melibatkan tiga orang personel TNI Satgas Pos Kout dipimpin Serda JH Manullang.

"Kehadiran perpustakaan keliling ini diharapkan dapat memupuk dan meningkatkan minat membaca anak-anak yang berada di wilayah perbatasan, apalagi di tengah situasi pandemi COVID-19 sekarang ini anak-anak butuh pelayanan pendidikan," katanya.

Pihaknya berharap melalui budaya minat membaca akan menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan anak sehingga nantinya akan melahirkan generasi penerus bangsa Indonesia yang sehat,cerdas dan pintar

"Kita tahu bahwa buku merupakan jendela dunia, sehingga dengan membaca buku merupakan kunci untuk membuka jendela berbagai informasi," katanya.

Dansatgas mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu program pembinaan teritorial terhadap warga di perbatasan Indonesia-PNG.

"Sekaligus upaya meningkatkan mencerdaskan generasi penerus bangsa Indonesia dengan budaya membaca," kata Anjuanda Pardosi.

Sementara itu, warga Kampung Sota Alfons Katop menyampaikan terima kasih kepada prajurit TNI Satgas Yonif 125/Si'mbisa yang telah datang ke kampung itu dan menyediakan layanan perpustakaan keliling bagi anak-anak setempat.

"Terima kasih atas kepedulian bapak-bapak Satgas, hadirnya perpustakaan keliling ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami, apalagi anak-anak sudah lama tidak merasakan belajar di sekolah karena adanya pandemi COVID-19 yang sampai sekarang belum berakhir," kata Alfons Katop.

Wilayah geografis Pemerintah Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke merupakan daerah di Papua selatan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Niugini.

Baca juga: Prajurit TNI mendongeng untuk murid sekolah di perbatasan

Baca juga: Warga perbatasan RI-PNG diajak TNI manfaatkan lahan kosong

Baca juga: WNI di perbatasan RI-PNG diimbau dukung pencegahan COVID-19

Baca juga: Pemerintah bangun rumah singgah di perbatasan RI-PNG


 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar