Facebook luncurkan kampanye edukasi #NyamandiSosmed

Facebook luncurkan kampanye edukasi #NyamandiSosmed

Ilustrasi- Pengguna laptop di dekat logo Facebook. ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/aa.

Jakarta (ANTARA) - Facebook dan Instagram meluncurkan kampanye edukasi publik bertajuk #NyamandiSosmed selama sebulan ke depan, mengajak warganet lebih memahami kendali yang mereka miliki agar tetap aman dan nyaman saat berada di platform tersebut.

Para pengguna juga dapat memanfaatkan ragam fitur untuk membangun komunitas serta menjadikan interaksi di ranah daring lebih bermakna.

"Platform kami membantu orang untuk terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan perhelatan lokal, dan komunitas yang sesuai dengan minat mereka. Karena itulah kami terus mengajak masyarakat di Indonesia untuk memanfaatkan fitur-fitur keamanan di Facebook dan Instagram agar dapat menikmati pengalaman di ranah online secara optimal," kata Public Policy untuk Facebook Indonesia, Karissa Sjawaldy dalam peluncuran kampanye #NyamandiSosmed, Rabu.

Baca juga: Facebook Laju Digital jangkau lebih banyak UKM selama pandemi

Baca juga: Facebook tambah fitur video musik saingi YouTube


Kampanye ini memiliki serangkaian program, di antaranya adalah kolaborasi dengan komikus muda Naufal Faridurrazak yang dikenal lewat "Anima Si Nopal". Bersama Cuty, Abah Enol, dan Bunda, Nopal akan menampilkan serial animasi tentang bagaimana menjadi warga digital yang cermat saat menggunakan Facebook dan Instagram.

"Anima Si Nopal" akan mengulas tentang tips dan trik mudah mengetahui berita palsu atau misinformasi, cara melindungi akun media sosial dari pembajakan (hacking) dan penipuan (phising/scamming), serta pentingnya bersikap bijak sebelum membagikan informasi atau berita. Serial ini akan tayang di halaman Facebook dan akun Instagram Si Nopal, dan di halaman Facebook Indonesia.

"Melalui kolaborasi ini 'Anima Si Nopal' ingin berpesan kepada masyarakat untuk lebih cermat dan bijak saat menggunakan media sosial, sehingga dapat menyebarkan konten yang positif dan bermanfaat," ujar Naufal.

Facebook juga berkolaborasi dengan Nur Alif Ramadhan, kreator muda di balik akun animasi Dalang Pelo. Dua karakter utama akun Dalang Pelo, Acil dan Leri, akan membagikan tips dan trik mengenali akun bisnis penipu di Instagram dan Facebook melalui video animasi yang interaktif.

Selain serial animasi, kampanye ini juga akan hadir dalam bentuk podcast di kanal #NyamandiSosmed di Box2Box ID.

"Bagi kami penting banget orang-orang berinteraksi di Facebook dan Instagram dengan nyaman dan aman. Tahun ini fokus kita menjaga keamanan akun dan menjaga kebenaran berita," kata Karissa.

Baca juga: Website E.gg ingin berikan pengalaman internet "jadul"

Baca juga: Facebook kesulitan hapus video misinformasi soal COVID-19

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Hoaks atau Benar - Facebook dukung Vaksin COVID-19? Thamrin City dijarah?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar