Pasien positif COVID-19 di Kulon Progo bertambah delapan kasus

Pasien positif COVID-19 di Kulon Progo bertambah delapan kasus

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, bertambah delapan kasus, sehingga total menjadi 53 kasus.

"Hari ini, ada penambahan delapan kasus di Kulon Progo, sehingga total kasus kumulatif 53 orang dan sembuh tiga kasus, sehingga masih ada 14 orang yang dirawat," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Rabu.

Ia mengatakan adapun delapan pasien positif COVID-19 baru, yakni KP-46 seorang laki-laki umur 36 tahun warga Kecamatan/Kapanewon Sentolo yang memiliki riwayat perjalanan Bekasi, KP-47 merupakan laki-laki warga Kecamatan Sentolo yang memiliki kontak kasus KP-44.

Lalu, KP-48 seorang perempuan warga Sentolo kontak kasus KP-44, KP-49 adalah laki-laki umur 40 tahun warga Sentolo, kontak kasus KP-44, KP-50 merupakan perempuan umur 40 tahun warga Sentolo memiliki kontak kasus KP-44.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kulon Progo meninggal sebanyak dua orang

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kulon Progo bertambah dua kasus


Selanjutnya, KP-51 seorang laki-laki warga Lendah yang memilki kontak kasus KP-44, KP-52 seorang laki-laki warga Lendah memiliki kontak kasus KP-44, dan kasus KP-53 adalah laki laki warga Lendah yang memiliki kontak kasus KP-44.

"Kami sebut sebagai kluster Srikayangan, sementara dengan sembilan kasus positif dan dua diantaranya meninggal, hasil pelacakan (tracing) terhimpun 39 kontak erat KP 44 dan KP 45 yang masih menunggu hasil laboratorium. Puskesmas dan Dinas Kesehatan masih melanjutkan tracing kepada kontak erat kasus positif hari ini," katanya.

Ia mengatakan pasien KP-46 dirawat di RSUD Nyi Ageng Serang Sentolo, dan KP-47 hingga KP-53 diisolasi di RSUD Wates. Kemudian, jumlah kasus pasien COVID-19 di Kulon Progo tertinggi di Kecamatan Lendah sebanyak 14 kasus, kemudian Sentolo sebanyak 13 kasus, Wates sebanyak enam kasus, Pengasih sebanyak enam kasus, Temon sebanyak empat kasus.

Kemudian, Galur sebanyak tiga kasus, Panjatan sebanyak tiga kasus, Nanggulan tiga kasus, Samigaluh ada satu kasus.

"Tiga kecamatan yang hingga saat ini belum ada kasus COVID-19 yakni Kokap, Girimulyo dan Kalibawang. Namun demikian, kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Di sisi lain, kata Baning, hari ini ada tiga pasien yang sembuh yakni KP-32, KP-35, dan KP-36 yang kesemuanya dirawat di RS Bhayangkara.

"Sampai saat ini, jumlah pasien yang dirawat sebanyak 14 orang," katanya.*

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 di Kulon Progo dinyatakan sembuh

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Kulon Progo sebanyak empat orang

Pewarta: Sutarmi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden resmikan Yogyakarta International Airport

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar