Ketiga orang tersebut adalah pegawai Puskesmas Pulo Armin Kecamatan Bogor Timur
Bogor (ANTARA) - Pegawai puskesmas di Kota Bogor yang terkonfirmasi positif terinfeksi COViD-19 melalui kegiatan pencarian aktif kasus bertambah tiga orang sehingga seluruhnya menjadi 30 orang. 

"Ketiga orang tersebut adalah pegawai Puskesmas Pulo Armin Kecamatan Bogor Timur," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, di Kota Bogor, Rabu.

Menurut Retno, panggilan Sri Nowo Retno, penemuan tiga pegawai puskesmas yang terkonfirmasi positif corona merupakan lanjutan dari kegiatan pencarian kasus COVID-19 di Kota Bogor.

Baca juga: Empat puskesmas Kota Bogor tutup, pasien dialihkan ke puskesmas lain

Menurut Retno, dengan ditemukannya tiga kasus positif COVID-19 di Puskesmas Polu Armin, maka puskesmas yang pegawainya terjangkit COVID-19 di Kota Bogor bertambah satu menjadi sembilan puskesmas.

Sedangkan, berdasarkan domisili, ketiga pegawai Puskesmas Pulo Armin itu adalah warga Kota Bogor, sehingga dari 30 pegawai puskesmas yang terkonfirmasi positif, 19 orang di antaranya adalah warga Kota Bogor dan 11 orang lainnya warga luar Kota Bogor.

Dengan ditemukannya, tiga pegawai Puskesmas Pulo Armin yang terkonfirmasi positif, maka Puskesmas tersebut ditutup sebagian pelayanannya untuk sementara, yakni pelayanan persalinan serta klinik ibu dan anak (KIA).

Baca juga: GTPP: 27 pegawai puskesmas Kota Bogor positif COVID-19

Baca juga: Empat puskesmas di Kota Bogor ditutup sementara karena COVID-19


Sedangkan pegawai yang lain, menjadi kontak erat akan dilakukan tes cepat dan tes usap lagi.

Retno menjelaskan kegiatan pencarian kasus pada pelayanan kesehatan yang dilakukan Dinas Kesehatan sejak Juli hingga Rabu ini, telah melakukan penapisan terhadap 798 orang dari 974 orang pegawai di 25 puskesmas dan satu Labkesda di Kota Bogor.

"Dari 798 orang yang diskrining, telah dilakukan tes cepat dan tes usap sebanyak 972 kali. Artinya, ada orang yang menjalani tes lebih dari satu kali," katanya.

Hasil dari tes tersebut, kata dia, sampai Rabu ini ditemukan 30 orang pegawai yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kota Bogor 36 orang dalam tiga hari

Baca juga: Pegawai Pemkot Bogor terpapar COVID-19 tambah tiga lagi








 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020