Bandung (ANTARA News) - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Jawa Barat (Jabar) akan meluncurkan buku 26 Wanita Inspiratif Jabar dalam rangka Peringatan Hari Ibu.

Buku yang memuat 26 tokoh wanita penggerak pembangunan itu akan diluncurkan di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung, Selasa (22/12).

"Peluncuran buku tersebut berkaitan dengan pelaksanaan Hari Ibu, diharapkan mereka memberikan inspirasi bagi kaum wanita di Jabar dan umumnya di Indonesia," kata Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat, H Netty Prasetyani Heryawan di Bandung, Senin.

Buku tersebut memuat cerita dan pengalaman para wanita itu sebagai sebuah ilustrasi perjuangan kaum hawa di Jabar.

Peranan dan kiprah mereka selama ini, menjadi inspirasi bagi warga sekitarnya baik di kelompok kecil maupun dalam cakupan yang lebih luas.

Para wanita tersebut merupakan figur sukses dan menjadi inspirasi banyak kalangan. Selain itu mendorong kemandirian dan optimalisasi peranan wanita dalam pembangunan termasuk mendorong penciptaan potensi yang bisa dikembangkan oleh kaumnya.

Buku setebal 160 halaman itu merupakan seri pertama dari seri buku "Jawa Barat Inspiratif" yang akan menampilkan tokoh-tokoh inspiratif lainnya dalam seri-seri berikutnya.

Buku tersebut antara lain mengupas kiat sukses wanita pengusaha udang asal Pangandaran Kabupaten Ciamis, Ny Susi Pudjiastuti dengan julul "Karena Amanah Bukan Serakah", kemudian Mamah Wiwi (Subang) "Pelita di Hamparan Perkebunan), Hj Siti Aminah (Purwakarta) "Rahasia di balik Sampal Ciganea".

Kemudian Ny Imas Siti S (Karawang) "Pelestari Topeng Banjet", Pin Sudiharti (Cimahi) "Komunikasi keheningan Anak Tunarungu", Nena Nopiana (Garut) "Peneliti Otodidak dari Garut" serta yang lainnya.

Pada buku seri pertama ini, 26 kabupaten/kota di Jabar diwakili oleh seorang tokoh wanita inspiratif daerah itu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009