Jakarta (ANTARA) - Belajar dari hasil Grand Prix Republik Ceko, Valentino Rossi pada Kamis mengungkapkan ia harus membenahi kecepatannya di babak kualifikasi jika ingin bertarung untuk podium di Austria akhir pekan ini.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha itu start balapan seri ketiga musim 2020 itu dari P10 dan kendati cukup kompetitif dengan motor Yamaha M1-nya, ia terlalu lama tertahan di belakang rival-rivalnya, melewatkan pertarungan untuk podium, dan finis P5 di belakang pebalap Suzuki Alex Rins.

Rossi mengaku jauh lebih nyaman dengan tunggangannya tahun ini setelah memboyong crew chief baru David Munoz dari Moto2. The Doctor lebih bisa membalap dengan gayanya sendiri ketimbang terpaku kepada data yang didapat oleh para engineer Yamaha.

Podium di GP Andalusia dan tren positif di Brno menjadi modal awal pebalap paling senior di grid MotoGP itu, yang sementara ini berada di peringkat ketujuh dengan 27 poin, terpaut 32 poin dari Fabio Quartararo yang memuncaki klasemen setelah tiga balapan.

Baca juga: Grand Prix Austria, momentum KTM di teritori Ducati

"Dari satu sisi ini perasaan yang positif karena aku menikmati balapan itu, juga aku bisa membalap dengan baik, juga di kondisi yang sulit dan tidak terlalu buruk," kata Rossi soal GP Republik Ceko di sesi jumpa pers yang digelar di Red Bull Ring, Austria.

"Di sisi lain kami harus membenahi sesuatu khususnya untuk Sabtu dan mencoba untuk start dari posisi yang lebih baik," kata Rossi seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Sementara itu, karakteristik Red Bull Ring kurang bersahabat dengan Yamaha. Pabrikan Iwata itu belum pernah finis lebih tinggi dari peringkat tiga, diraih Quartararo tahun lalu.

Lantas apa yang bisa dilakukan Valentino Rossi di Austria? The Doctor membuktikan diri bisa tampil cepat di Red Bull Ring kendati start dari P10 dan nyaris finis podium tahun lalu.

Namun hanya ada satu motor juara di Red Bull Ring sejak sirkuit itu kembali masuk ke kalender MotoGP pada 2016. Ducati belum terkalahkan di Spielberg, dan Andrea Dovizioso telah dua kali menang di sana pada 2017 dan 2019.

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez, sementara itu masih memulihkan diri dari cedera tulang humerus dan bakal digantikan oleh test rider Honda Stefan Bradl.

Sementara itu hujan diprediksi akan mengguyur Spielberg pada akhir pekan nanti.

Baca juga: Binder yakin kemenangan di Brno awal dari sesuatu yang luar biasa
Baca juga: "Saya belajar banyak hal", kata Zarco setelah pole position di Brno

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020