Formula 1

Ferrari janji dukung penuh Vettel hingga akhir musim

Ferrari janji dukung penuh Vettel hingga akhir musim

Pebalap tim Ferrari Sebastian Vettel menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Austria, Red Bull Ring, Spielberg, Jumat (3/7/2020). ANTARA/FIA/HO via REUTERS/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sebastian Vettel bakal mendapat dukungan penuh dari Ferrari, demikian janji tim asal Italia itu, untuk bertarung hingga akhir musim setelah start yang berat bagi pebalap juara dunia empat kali itu.

Direktur Olahraga Ferrari Laurent Mekies mengatakan jika adalah kewajiban bagi Ferrari untuk memberi dukungan yang solid kepada pebalap asal Jerman itu di saat ia sedang mencoba mengeluarkan potensi maksimal dari mobil SF1000.

Vettel telah gagal finis di peringkat lima besar dari lima grand prix yang telah digelar.

Ia bahkan sempat beradu argumen dengan tim di tengah balapan akhir pekan lalu di Silverstone di mana ia finis P12 setelah menganggap strategi tim tidak masuk akal.

Baca juga: Verstappen siap menebar ancaman di Catalunya

Rekan satu timnya, Charles Leclerc, sementara itu finis P4 di balapan yang menandai hari jadi ke-70 Formula 1 itu.

Leclerc mengemas total 45 poin sedangkan Vettel hanya 10 poin di klasemen saat ini.

"Ini adalah kewajiban kami utnuk mencoba melakukan semua yang bisa kami lakukan untuk mendukung dia dan memastikan jika kami mengonversi mobil untuknya menjadi waktu putaran yang lebih baik karena dia adalah aset masif bagi tim ini," kata Mekies seperti dikutip AFP, Kamis.

Ferrari masih memerlukan Vettel untuk mendulang poin di konstruktor, kendati pebalap berusia 33 tahun itu berada di bawah bayang-bayang Leclerc.

"Saya rasa Sebastian adalah yang terbaik ketika bicara soal semangat bertarung dan mencoba semua yang ia bisa-- dan menjadi seorang yang konstruktif dalam mencoba memahami bagaimana menggerakkan batas selanjutnya.

Baca juga: Perez senang bisa balapan lagi setelah lalui masa karantina yang berat

Vettel akan menggunakan sasis baru di Grand Prix Spanyol akhir pekan ini setelah Ferrari mendapati retakan kecil di sasis yang ia pakai di Silverstone akhir pekan lalu.

Ferrari menyatakan retakan itu kemungkinan disebabkan oleh benturan keras ketika melintas di atas kerb.

Beredar rumor jika Ferrari dan Vettel berpisah di tengah jalan musim ini, namun pebalap Jerman itu membantahnya.

"Saya tidak tahu itu, saya rasa tidak," kata Vettel seperti dikutip Reuters.

"Kami bahkan belum mempertimbangkan atau bicara soal itu. Jadi saya rasa itu bukan hanya pertanyaan untuk diri saya sendiri. Saya tahu apa yang saya pamai, saya tahu pekerjaan yang bisa saya lakukan. Saat ini memang bukan jalan yang paling mulus.

"Saya yakin semuanya akan mereda dan saya mendapat kesempatan bagus kemudian saya akan menggunakannya."

Vettel, yang akan digantikan oleh Carlos Sainz tahun depan, belum mengamankan kontrak dengan tim lain namun santer dikabarkan dekat dengan tim Racing Point yang akan berganti nama menjadi Aston Martin pada 2021.

Baca juga: Hamilton ungkap alasan belum perpanjang kontrak dengan Mercedes
Baca juga: Williams ikuti McLaren cabut rencana banding kasus Racing Point

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar