Kemarin, subsidi bunga KUR diperpanjang hingga KUR super mikro

Kemarin, subsidi bunga KUR diperpanjang hingga KUR super mikro

Seorang perajin menyelesaikan proses pembuatan sepatu di Babadan, Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (7/8). Demi mendorong pertumbuhan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM), pemerintah memberikan subsidi bunga kredit kepada bank pelaksana kredit mikro agar suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) turun, dengan membayar sebesar 7 persen per tahun untuk kredit mikro, 3 persen per tahun untuk kredit ritel, dan 12 persen per tahun untuk kredit tenaga kerja Indonesia. ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho/foc/15.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menggenjot belanja melalui kucuran stimulus fiskal untuk mendorong konsumsi masyarakat agar dapat menolong perbaikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III dan IV-2020.

Kemarin, Kamis (13/8) pemerintah memutuskan memperpanjang tambahan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) enam persen hingga akhir 2020.

Tak hanya itu, KUR super mikro juga dalam waktu dekat akan dikucurkan bagi pekerja yang di-PHK dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha produktif.

Berita ekonomi lainnya juga turut menghiasi pemberitaan dan disajikan untuk dibaca kembali. Berikut rangkuman berita selengkapnya.

1. Tambahan subsidi bunga KUR 6 persen diperpanjang

Pemerintah memperpanjang tambahan subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) sebesar enam persen hingga Desember 2020.

Kebijakan tersebut dilakukan karena realisasi tambahan subsidi bunga atau marjin KUR pada masa COVID-19 masih relatif kecil serta kondisi penerima KUR masih belum sepenuhnya pulih

Berita selengkapnya klik ini

2. Pengembangan pelabuhan di Indonesia butuh investasi 47 miliar dolar AS

Direktur Kepelabuhanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Subagiyo mengatakan dibutuhkan investasi senilai 47 miliar dolar AS untuk mengembangkan pelabuhan di seluruh Indonesia.

"Perhitungan kami, berdasarkan Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN), dibutuhkan 47 miliar dolar AS dengan sebaran dari Sumatera hingga Papua," katanya dalam webinar Forum Dialog Diplomasi Maritim dan Perikanan di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya klik ini

3. Akhir Agustus, pemerintah luncurkan KUR super mikro

Pekerja kena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang ingin memulai usaha baru dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha produktif, dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro dengan bunga nol persen hingga Desember 2020.

Pemerintah menargetkan KUR ini dapat diakses akhir Agustus 2020.

Berita selengkapnya klik ini

4. Waskita Karya sudah bangun 1.300 km jalan tol di Indonesia

PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor terkemuka dalam pembangunan infrastruktur dan peningkatan konektivitas di Indonesia, hingga saat ini telah membangun 1.300 kilometer jalan tol serta menyelesaikan proyek pengembangan bandara, pelabuhan hingga Light Rail Transit (LRT)

Berita selengkapnya klik ini

5. HUT RI, Pelni beri penumpang diskon tiket kapal

PT Pelni (Persero) memberikan potongan harga tiket kepada calon penumpang dalam merayakan HUT ke-75 RI.

"Dengan tema Semarak Harga Merdeka Hemat Tiket PELNI 75 persen, pelanggan cukup membayar 75 persen pada tarif dasar penumpang kapal Pelni untuk perjalanan kelas nonekonomi," Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro dalam keterangan tertulis, Kamis.

Berita selengkapnya klik ini

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kabar gembira, Subsidi bunga bagi 28,3 Juta debitur UMKM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar