Jakarta (ANTARA) - Aplikasi layanan transportasi daring Grab memperkenalkan GrabBike Elektrik yang difungsikan secara khusus untuk para mitra pengantaran GrabFood.

Acara yang diadakan di depan kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Selasa (11/8) ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dan President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

"Setelah berhasil meluncurkan GrabCar Elektrik Powered by Hyundai awal tahun ini, kami sangat senang memperkenalkan GrabBike Elektrik powered by GrabWheels," kata Ridzki melalui keterangannya, Jumat.

Lebih lanjut, Ridzki mengatakan hadirnya GrabBike Elektrik merupakan upaya Grab Indonesia untuk mendukung usaha pemerintah dalam mencapai Indonesia 4.0 serta bagian dari inisiatif #LangkahHijau untuk mewujudkan ekosistem transportasi yang lebih hijau dan meningkatkan pendapatan Mitra Pengemudi.

"Sejalan dengan inisiatif #LangkahHijau hadirnya 50 unit kendaraan listrik GrabBike Elektrik di DKI Jakarta sebagai tahap awal diharapkan dapat menjadi sebuah solusi transportasi yang lebih ramah lingkungan di Indonesia," ujarnya menambahkan.

Dalam kesempatan ini, Menteri Luhut berkesempatan untuk melihat langsung unit kendaran motor listrik dari GrabBike yang merupakan bentuk kerjasama dengan PT Triangle Motorindo (VIAR) yang telah beroperasi sejak Juni 2020.

Sepeda motor listrik tersebut memiliki kecepatan maksimal hingga 60km/jam.

GrabBike Elektrik ini menggunakan baterai lithium-ion battery (60v20AH) dengan pengisian daya listrik memakan waktu 5 hingga 7 jam. Masing-masing baterai dapat menempuh jarak hingga 60 km, kendaraan ini mampu menggunakan 2 baterai sekaligus.

Lebih lanjut, Grab mengklaim bahwa perawatan kendaraan ini lebih mudah, dan biaya operasional per km yang lebih murah dibandingkan kendaraan motor berbahan bakar bensin.


Baca juga: GrabCar Elektrik meluncur dorong ekosistem kendaraan listrik Indonesia

Baca juga: Grab targetkan 500 taksi berbasis listrik beroperasi tahun ini

Baca juga: Pengguna Grabwheels dirancang hanya boleh di jalur sepeda
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020