Jakarta (ANTARA) - Saat ini banyak pesawat yang masih dilarang terbang karena pandemi virus corona, namun pilot dan calon pilot akan segera dapat melakukan perjalanan secara virtual berkat kabar terbaru dari pembaruan game simulator penerbangan milik Microsoft.

Dengan akses ke pemetaan satelit Bing Microsoft dan pemrosesan bertenaga cloud, pengembang asal Prancis, Asobo Studio, berusaha untuk membuat pengalaman uji coba penerbangan tersebut senyaman mungkin.

Dikutip dari laman France24, Jumat, dua pendiri Asobo bahkan telah mengambil pelajaran terbang selama empat tahun terakhir setelah studio tersebut mendapat tugas dari Microsoft untuk menggarap game -- yang bermula pada 1982 -- dengan pembaruan pertama pada 2006 tersebut.

"Pelajaran terbang penting (untuk memperkenalkan) sesuatu yang sensoris ke dalam permainan tersebut," ujar salah satunya, Marcel Bossard, kepada AFP.

"Sensasi apa yang dirasakan pilot? Apa yang bisa dia dengar? Bagaimana kepalanya bergerak? Bagaimana reaksi pesawat di bawah awan dan di atas laut? Dalam simulasi sebelumnya, itu agak kaku," kata Bossard, insinyur yang memimpin pengembangan perangkat lunak game tersebut.

Judul baru untuk game tersebut sedang dipertimbangkan. Game tersebut akan hadir untuk PC pada awalnya, dengan versi Xbox akan datang selanjutnya.

Game tersebut menjadi pencapaian luar biasa bagi perusahaan pengembang game, yang didirikan oleh 12 teman main game, pada 2002 di sebuah apartemen di barat daya kota Bordeaux.

Asobo menjadi terkenal karena adaptasi video game, dari sejumlah film Pixar, termasuk "Ratatouille," "Wall-E," "Up" dan "Toy Story 3."

Pencapaian penting lainnya adalah peluncuran game "A Plague Game: Innocence" pada Mei 2019, yang memenangkan banyak penghargaan industri game.

Perbedaan antara 18 tahun lalu dan sekarang "seperti belajar terbang dengan pesawat kecil dan pada akhirnya menjadi pilot Airbus", kata Bossard.

Game Microsoft tersebut ditujukan bagi pilot, maupun amatir atau bahkan mereka yang tertarik dengan penerbangan, untuk memberikan pengalaman berlatih di dalam armada pesawat.


Baca juga: Microsoft tertarik beli unit game Warner Bros

Baca juga: Microsoft tutup "streaming" Mixer, alihkan pengguna ke Facebook Gaming

Baca juga: Ingin saingi PlayStation, XBox rilis cuplikan "Assassin's Creed"

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020