Sidang Tahunan MPR

Puan: Penanganan COVID-19 jadi salah satu fokus pengawasan DPR

Puan: Penanganan COVID-19 jadi salah satu fokus pengawasan DPR

Ketua DPR, Puan Maharani, membuka masa persidangan I DPR tahun 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). ANTARA FOTO/Akbar N Gumay

... menjadi tantangan terbesar yang harus kita hadapi bersama-sama masyarakat dunia saat ini. Pandemi ini menguji komitmen masyarakat internasional untuk bekerja sama menyelesaikan masalah pandemi Covid-19 dan dampaknya...
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR, Puan Maharani, menyebutkan penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya menjadi salah satu fokus pengawasan DPR.

"Pengawasan penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya, baik itu yang menyangkut urusan bidang kesehatan, perlindungan sosial, ekonomi, UMKM, pendidikan, pilkada, pariwisata, dan bidang lain yang terdampak," kata dia, pada pidatonya pada rapat paripurna pembukaan masa sidang I Tahun 2020-2021, di Jakarta, Jumat.

DPR, kata dia, memahami dinamika kondisi saat ini membutuhkan langkah-langkah cepat dari pemerintah yang kewenangannya telah diatur dalam UU Nomor 2/2020.

Baca juga: Anies perketat pengawasan dunia usaha terkait klaster perkantoran

Namun sesuai dengan tugas konstitusional, DPR akan memastikan langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam memulihkan kondisi sosial dan ekonomi nasional tetap pada jalurnya.

"Yang dilakukan telah memenuhi peraturan perundang-undangan, memenuhi prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, tata kelola yang baik, dan mencegah moral hazard," kata dia.

Kemudian dalam pelaksanaan fungsi pengawasan itu, DPR melalui Alat Kelengkapan Dewan akan melakukan rapat-rapat bersama dengan mitra kerja.

Baca juga: Cegah COVID-19, Aceh tiadakan pawai takbir Idul Adha

"Maupun dengan panitia kerja untuk menjalankan prinsip checks and balances (pengawasan dan keseimbangan) pada pemerintahan," ucap dia.

Kemudian dalam menjalankan fungsi diplomasi parlemen, DPR melalui pertemuan-pertemuan forum kerja sama antar-parlemen yang masih harus dilaksanakan secara virtual, terus menyuarakan pentingnya kerja bersama.

DPR juga menyuarakan pentingnya kolaborasi, gotong royong multilateralisme dalam membangun kapasitas dan kapabilitas bersama menghadapi pandemi Covid-19 dan ancaman resesi perekonomian global.

Baca juga: BPKP berkolaborasi dengan BPK awasi anggaran COVID-19

Puan juga mengatakan DPR akan terus melakukan upaya untuk berkontribusi dalam memperjuangkan kepentingan nasional di forum internasional.

"Pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan terbesar yang harus kita hadapi bersama-sama masyarakat dunia saat ini. Pandemi ini menguji komitmen masyarakat internasional untuk bekerja sama menyelesaikan masalah pandemi Covid-19 dan dampaknya," ujar dia.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jazilul Fawaid: Target pertumbuhan ekonomi butuh perombakan kebijakan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar