Selama pandemi, Radio-Kenambay Umbay TV Papua sediakan konten belajar

Selama pandemi, Radio-Kenambay Umbay TV Papua sediakan konten belajar

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua Gustaf Griapon (FOTO ANTARA /HO-Gustaf Griapon)

Untuk siaran radio ini lebih diintensifkan pada daerah zona merah corona, dengan harapan masyarakat, terutama para pelajar bisa mengakses radio ataupun KUB Tv untuk belajar dan pada semester baru tahun ini mulai berjalan pada 20 Juli 2020
Jayapura (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Kenambay Umbay dan Kenambay Umbay Belajar (KUB) Televisi (Tv) milik  Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menyediakan konten belajar atau siaran pendidikan selama pandemi COVID-19.

"Jadi, selama pandemi COVID-19 ini, kami bekerja sama dengan Asosiasi Televisi Kabel, Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura dan Provinsi Papua meluncurkan Kenambay Umbay Belajar TV," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon saat berada di Kota Jayapura, Jumat.

Menurut alumni Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) itu siaran pendidikan KUB Tv berlangsung selama 24 jam dengan isi konten pendidikan dan ada juga "streaming" di kanal Youtube.

"Untuk siaran pendidikan di KUB TV, isi kontennya disiapkan oleh para guru dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura dan Provinsi Papua, melalui TV kabel yang mempunyai 15 ribu pelanggan di Kabupaten Jayapura dengan sembilan operator lokal," katanya.

Namun, ia  tidak menjelaskan secara rinci kapan KUB Tv diluncurkan.

Selain itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Jayapura juga mempunyai LPPL Radio Kenambay Umbay yang sudah lama berjalan, di mana belakangan ini siaran belajar makin diintensifkan di tengah pandemi COVID-19.

"Jadi, untuk siaran radio ini lebih diintensifkan pada daerah zona merah corona, dengan harapan masyarakat, terutama para pelajar bisa mengakses radio ataupun KUB Tv untuk belajar dan pada semester baru tahun ini mulai berjalan pada 20 Juli 2020," katanya.

Sedangkan untuk daerah terpencil atau distrik/kecamatan terjauh dari Ibu Kota Kabupaten Jayapura, Dinas Kominfo telah memasang VSAT internet yang dibiayai dengan Dana Desa (DD) atau Dana Kampung, salah satunya di Distrik Ravenirara.

"Distrik Ravenirara ini adalah daerah yang cukup terisolasi dengan lama perjalanan dua jam menggunakan 'speed boat', baik dari Kota Jayapura ataupun dari Dermaga Depapre, Kabupaten Jayapura," katanya.

Siaran LPPL Radio Kenambay Umbay dan KUB TV ini juga diawasi dan bekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Provinsi Papua, demikian Gustaf Griapon.

Baca juga: Ada satu lagi, positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura-Papua naik 207

Baca juga: Untuk COVID-19, Diskominfo Jayawijaya terdampak pengurangan anggaran

Baca juga: Lebih 4.000 warga Kabupaten Jayapura-Papua telah jalani "rapid test"

Baca juga: Wilayah karantina COVID-19 di Jayapura rutin dipasok sayur segar

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Doa bersama pelajar Katolik untuk awak KRI Nanggala-402

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar