Spanyol: Hubungan UAE-Israel momentum pembicaraan Palestina-Israel

Spanyol: Hubungan UAE-Israel momentum pembicaraan Palestina-Israel

Sejumlah demonstran meneriakkan slogan di depan seorang tentara Israel saat berlangsung demosntrasi menentang kesepakatan Uni Emirat Arab dengan Israel untuk memulihkan hubungan, di Haris dekat Salfit di Tepi Barat yang diduduki Israel, Jumat (14/8/2020). ANTARA/REUTERS/Raneen Sawafta/aa.

Madrid (ANTARA) - Kesepakatan yang menjadikan Uni Emirat Arab (UAE) sebagai negara ketiga Arab yang menjalin hubungan dengan Israel harus menjadi momentum untuk mencari solusi dua negara bagi Palestina dan Israel,  kata menteri luar negeri Spanyol, Jumat (14/8).

Menlu Spanyol Arancha Gonzalez Laya menyambut normalisasi hubungan UAE-Israel, peran yang dimainkan oleh Amerika Serikat, serta penghentian sementara aneksasi lebih lanjut atas wilayah Palestina.

 Laya mengatakan perkembangan itu memberikan peluang baru untuk mengupayakan perdamaian.

"Apa yang menurut kami penting saat ini adalah memanfaatkan konteks ini untuk memberikan dorongan dalam perundingan antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi PBB yang mengupayakan solusi dua negara, dua negara yang hidup damai berdampingan secara aman."

Sumber: Reuters

Baca juga: UAE dan Israel sepakat jalin hubungan bilateral

Baca juga: Palestina sebut kesepakatan Israel - UAE "pengkhianatan"

Baca juga: Turki: Sejarah tak akan maafkan UAE atas kesepakatan dengan Israel


 

Aneksasi Israel dan COVID-19 perparah kondisi rakyat Palestina

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar