Upacara HUT RI tahun ini di KBRI Addis Ababa hanya diikuti oleh staf dan keluarga KBRI serta beberapa masyarakat Indonesia, yang tentu saja sesuai dengan protokol setempat
Jakarta (ANTARA) - KBRI Addis Ababa tidak dapat mengundang pemuda serta sahabat Indonesia lainnya di Ethiopia untuk menghadiri upacara HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, mengingat pandemi COVID-19.

“Upacara HUT RI tahun ini di KBRI Addis Ababa hanya diikuti oleh staf dan keluarga KBRI serta beberapa masyarakat Indonesia, yang tentu saja sesuai dengan protokol setempat,” kata Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Padahal, menurut dia, banyak masyarakat Ethiopia yang ingin menyaksikan upacara bendera tersebut.

“Tahun 2019, sekitar seratus tokoh pemuda, pengusaha, dan sahabat Indonesia di Ethiopia dari berbagai kalangan menghadiri upacara bendera di KBRI. Namun, tahun ini kami tidak mengundang mereka karena situasi pandemi COVID-19,” kata Dubes Al Busyra.

Meskipun demikian, dua tokoh pemuda Ethiopia, Kalewongel Tesfaye dan Mahlet Fekade, tetap mengucapkan selamat HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dan mendoakan semoga negara dan bangsa Indonesia jaya selalu.

Hal itu dikatakan kedua pemuda Afrika tersebut dalam pertemuan khusus dengan Dubes Al Busyra di Addis Ababa, Jumat (14/8).

Kalewongel, CEO Youth to Youth dan juga pendiri Ethiopia-Indonesia Youth Association (EIYA) mengatakan ingin sekali kembali menghadiri upacara peringatan HUT RI bersama-sama pemuda Ethiopia lainnya seperti tahun lalu.

Upacara bendera memperingati HUT ke-74 RI di KBRI Addis Ababa pada 17 Agustus 2019. (Handout KBRI Addis Ababa)

Namun karena adanya pandemi COVID-19 dan protokol yang harus diikuti, mereka tidak bisa menghadiri upacara bendera di Gedung KBRI.

Tahun lalu, Kalewongel berkesempatan menghadiri Dialog Infrastruktur Indonesia-Africa (IAID) di Bali, mengadakan pertemuan dengan tokoh pemuda Indonesia di Jakarta, dan berkunjung ke Museum Asia Afrika (MKAA) di Bandung.

Kehadiran tokoh pemuda Ethiopia pada upacara peringatan HUT RI tahun lalu, menambah semarak upacara HUT RI di Addis Ababa. Mereka bahkan memakai pakaian tradisional Ethiopia saat menyaksikan upacara tersebut.

Baca juga: Indonesia Diharapkan Bantu Tingkatkan Kemampuan Pekerja Djibouti

Baca juga: Perguruan tinggi pertama Ethiopa jalin kerja sama dengan Indonesia


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020