Sepak Bola Nasional

Shin Tae-yong berencana adakan TC timnas pada November atau Desember

Shin Tae-yong berencana adakan TC timnas pada November atau Desember

Sejumlah pesepak bola tim nasional Indonesia senior berlari saat mengikuti latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2020). Sebanyak 24 pesepak bola senior mengikuti latihan perdana pada masa pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Dengan ditundanya tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, kami punya waktu untuk dapat melihat lebih banyak pemain
Jakarta (ANTARA) - Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong berencana untuk mengadakan pemusatan latihan (TC) timnas senior Indonesia pada November atau Desember 2020.

"Kami berencana melakukan TC untuk timnas senior pada November atau Desember 2020," ujar Shin, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu.

Shin mengutarakan rencana itu setelah TC timnas Indonesia di Jakarta, yang rangkaiannya dimulai sejak 23 Juli 2020, dihentikan pada Sabtu (15/8) karena FIFA dan AFC menunda pelaksanaan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sampai tahun 2021.

Baca juga: PSSI akhiri TC timnas Indonesia

Penangguhan kompetisi itu, kata Shin, memberikan kesempatan kepada dirinya untuk memantau dan menyeleksi para pemain yang dapat dipanggil TC.

Apalagi, Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 akan bergulir mulai Oktober 2020.

"Dengan ditundanya tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, kami punya waktu untuk dapat melihat lebih banyak pemain," ujar Shin.

Timnas Indonesia memiliki tiga laga sisa di Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ditunda sampai 2021

Rencana awal, sebelum ada penundaan dari FIFA dan AFC, ketiga laga itu berlangsung pada Oktober dan November 2020.

Skuat berjuluk Garuda sejatinya dipastikan tidak bisa lolos ke putaran selanjutnya karena selalu kalah pada lima pertandingan.

Namun, PSSI menginginkan hasil-hasil positif dari pertandingan tersebut demi mendongkrak peringkat di FIFA.

Timnas senior Indonesia sebenarnya dijadwalkan berlaga di dua turnamen internasional pada akhir tahun 2020 yaitu Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020. Namun, dengan alasan serupa yaitu pandemi COVID-19, dua kompetisi itu ditunda sampai tahun 2021.

Baca juga: PSSI: Program timnas diubah setelah Kualifikasi Piala Dunia ditunda

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Taklukkan Indonesia, pelatih dan pemain Korea puji Abraham Damar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar