Ditopang PT Timah, Desa Penagan Babel jadi sentra budi daya ikan kakap

Ditopang PT Timah, Desa Penagan Babel jadi sentra budi daya ikan kakap

PT Timah Tbk bantu warga Desa Penagan Kabupaten Bangka mengembangkan kakap putih lahan bekas penambangan bijih timah (Aprionis)

Ini cita-cita kami dari dulu untuk menjadikan Desa Penagan sebagai sentra budi daya kakap putih
Bangka (ANTARA) - PT Timah Tbk mendorong Desa Penagan Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menjadi sentra budi daya ikan kakap putih, guna meningkatkan perekonomian masyarakat di lingkungan operasional perusahaan berplat merah itu.

"Kami siap membantu warga Penagan yang berkeinginan menjadikan daerahnya sebagai sentra budi daya ikan kakap putih di Bangka Belitung," kata Kepala Bidang Program Pemberdayaaan Masyarakat PT Timah Tbk Doddi Fredika di Pangkal Pinang, Sabtu.

Ia mengatakan dalam mewujudkan Desa Penagan sebagai sentra budi daya kakap putih, PT Timah Tbk telah menyalurkan 5.000 bibit ikan kakap putih, kerambah apung, memfasilitasi warga membudidayakan di lahan reklamasi seluas 15 hektare, dan melatih warga membuat pakan ikan agar para pembudidaya ikan ekspor ini dapat secara mandiri mengembangkan usaha perikanan mereka.

Baca juga: KKP sebut ikan di dasar laut telah diekploitasi berlebihan

"Saat ini baru 15 hektare dari ratusan hektare lahan reklamasi PT Timah Tbk di Desa Penagan yang dimanfaatkan untuk pembesaran ikan kakap putih dan ini akan terus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pendemi COVID-19 ini," katanya.

Menurut dia, pengembangan budi daya ikan kakap putih sistem keramba apung di lahan bekas tambang ini bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka, sehingga masyarakat tidak sepenuhnya mengandalkan hasil perkebunan dan pertanian untuk menopang ekonomi keluarga mereka.

Baca juga: Perusahaan Indonesia-Norwegia kerja sama budi daya ikan kakap putih

"Pengembangan budi daya kakap putih ini dilakukan secara bertahap dan ke depannya kegiatan seperti ini akan ditingkatkan lagi, agar masyarakat dapat memanfaatkan kawasan bekas penambangan menjadi sumber pendapatan baru bagi ekonomi keluarga mereka," katanya.

Ketua Kelompok Peduli Lingkungan Hijau Bangka Sopian mengatakan saat minat masyarakat beralih membudidayakan ikan kakap putih cukup tinggi, karena bernilai ekonomi tinggi dan ikan tersebut merupakan salah satu komoditas ekspor.

"Ini cita-cita kami dari dulu untuk menjadikan Desa Penagan sebagai sentra budi daya kakap putih," katanya.

Baca juga: Pemprov NTT tebarkan 3.000 benih kakap putih di perairan Mulut Seribu

Baca juga: Kementerian Kelautan sebar 15.000 benih kakap putih di Probolinggo


 

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gubernur sambut baik penunjukan dua putra daerah di jajaran pimpinan PT Timah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar