Tujuh film perjuangan yang bisa bangkitkan jiwa nasionalisme

Tujuh film perjuangan yang bisa bangkitkan jiwa nasionalisme

Film "Merah Putih" (ANTARA/Margate House)

Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 membuat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di luar ruangan seperti perlombaan harus dibatasi, tapi bukan berarti semangat 17-an ikut menurun sebab ada film-film perjuangan yang membangkitkan jiwa nasionalisme.

Film-film bertema perjuangan atau nasionalisme secara tidak langsung membangkitkan semangat cinta Tanah Air. Tak sedikit orang yang terinspirasi dari kisah tokoh pahlawan dan melanjutkan perjuangan dengan cara yang berbeda.

Berikut ini adalah sejumlah film yang mampu membangkitkan semangat kemerdekaan untuk mengisi waktu libur 17-an saat di rumah.

Baca juga: GPPMP buat film perjuangan ingatkan generasi muda

Trilogi "Merah Putih"

"Merah Putih" merupakan sebuah film trilogi perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda setelah kemerdekaan. Berlatar belakang tahun 1947, film ini mengisahkan tentang para pemuda dari berbagai suku yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Tanah Air.

Trilogi "Merah Putih" dibintangi oleh Darius Sinathrya (Marius), Donny Alamsyah (Tomas), Rahayu Saraswati (Senja), Lukman Sardi (Amir), Joe Sims (Sergeant De Graffe).

Film pertama "Merah Putih" rilis pada 2009, menyusul sekuel selanjutnya "Darah Garuda" pada 2010 dan "Hati Merdeka" 2011.
Film "Soekarno" (ANTARA/MVP Pictures)


"Soekarno"

Film yang sempat menjadi kontroversi ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo pada 2013. Dibintangi oleh Ario Bayu sebagai sang proklamator, "Soekarno" berkisah tentang masa kecil Presiden pertama RI yang bernama Kusno, masa remaja, kisah cinta hingga saat memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Dalam film tersebut juga ditampilkan pidato-pidato Soekarno yang membakar semangat nasionalisme, masa-masa pengasingan hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang membuat haru.

Baca juga: Kisah perjuangan dan pengkhianatan dalam "Perburuan"

Baca juga: Resensi film : Moonrise Over Egypt - perjuangan diplomasi Agus Salim

Baca juga: Film Wage ajak generasi milenial kembali ke jati diri bangsa

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar