Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Cantika Abigail belum punya rencana untuk merayakan 17 Agustus di rumah besok, tapi dia menuturkan ada hal yang selalu dinantikan tiap tahun ketika masyarakat Indonesia bersukaria memperingati hari kemerdekaan.

"Kalau enggak bisa merayakan di luar, aku pasti nonton perayaan 17-an di istana dari televisi," kata Cantika kepada ANTARA melalui pesan suara.

Upacara 17 Agustus yang dilangsungkan di Istana Negara terasa khidmat dengan petugas upacara yang sudah digembleng untuk tampil sempurna. Aksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka alias Paskibraka juga dinantikan oleh Cantika.

Tahun ini, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional terdiri dari delapan personel yang berasal dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional yang bertugas pada 2019 lalu.

Di seluruh dunia, hanya Indonesia yang pengibaran bendera negaranya dilakukan para pelajar terbaik nasional tiap upacara peringatan kemerdekaan negaranya.

"Perayaan 17-an di istana salah satu hal menarik dan kutunggu karena ini the real deal tim Paskibra-nya dan keren saja gitu kelihatannya," tutur Cantika.

Saat masih duduk di bangku sekolah, cucu aktris Rina Hasyim ini juga bagian dari pasukan pengibar bendera yang bertugas setiap 17 Agustus.

"Antara jadi pembawa bendera, pembaca naskah-naskah, atau bahkan pernah jadi komandan upacara," dia mengingat-ingat.

"Perayaan 17 Agustus di sekolah jadi kenangan tersendiri," tutup anggota grup musik GAC yang kini sedang vakum.


Baca juga: Jelang Hari Kemerdekaan, intip promo e-commerce hingga dompet digital

Baca juga: Berkelana dengan "mesin waktu" di Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Baca juga: Tips persiapkan keuangan agar tak jadi beban keluarga di usia 75 tahun

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020