Jakarta (ANTARA) - Kia Motors Corporation memperkuat diversifikasi layanan mobilitasnya, tidak hanya membuat dan menjual tapi juga menyewakan mobil dan layanan lainnya sebagai bagian dari strategi “Plan S”.

Presiden dan CEO Kia, Ho Sung Song, saat meninjau pabrik Sohari di Korsel yang memproduksi Kia Karnival generasi keempat, mengatakan bahwa Kia berusaha keras menyediakan produk yang disesuaikan dan layanan mobilitas yang berbeda berdasarkan sejarah panjang dalam manufaktur otomotif.

“Kia akan lebih meningkatkan kolaborasinya dengan mitra global untuk menawarkan layanan mobilitas yang disesuaikan secara regional saat menerapkan strategi 'Plan S’,” katanya, dikutip dari pernyataan resmi Kia, Minggu.

Di Korea, Kia akan meningkatkan program langganan kendaraan 'Kia Flex' dengan meningkatkan jumlah armada menjadi 200 unit kendaraan. Jajaran kendaraan akan mencakup Karnaval baru, yang mendekati peluncuran pasar Korea, dan model EV baru yang akan ditambahkan di masa depan.

Di Eropa, Kia akan bekerjasama dengan mitra global untuk menyediakan layanan mobilitas khusus untuk wilayah tersebut. Pada tahun 2018, Kia mendirikan layanan berbagi mobil yang disebut 'WiBLE' dengan perusahaan energi Spanyol Repsol.

WiBLE memungkinkan pengguna untuk menyewa dan mengembalikan kendaraan di lokasi yang ditentukan dengan sistem free floating. Saat ini WIBLE mengoperasikan 500 Niro PHEV dan merupakan salah satu penyedia berbagi mobil terkemuka di Spanyol. Berdasarkan platform tersebut, Kia berencana untuk menyediakan layanan mobilitas multi-moda di masa mendatang.

Kia juga akan meluncurkan layanan mobilitas diler di Italia dan Rusia akhir tahun ini. Ini adalah layanan baru yang memungkinkan diler menyewakan kendaraan mereka untuk periode apa pun, dari satu hari hingga satu tahun penuh. Kia akan memperluas layanannya secara bertahap ke seluruh dunia di masa mendatang.

Di Amerika Utara, Kia akan mempercepat upaya elektrifikasinya dan semakin meningkatkan kerjasamanya dengan mitra mobilitasnya. Kia menyediakan 200 Niro EV untuk perusahaan penyedia mobil Lyft tahun lalu, dan tahun ini memberikan 44 Niro HEV ke MoceanLab, perusahaan layanan mobilitas Hyundai Motor Group.

MoceanLab didirikan tahun lalu untuk menyediakan layanan mobilitas di Kota Los Angeles, dan berencana untuk memperluas layanannya dengan menyertakan transportasi online, bolak-balik, transportasi multi-moda, dan mobilitas pribadi.

MoceanLab mengoperasikan sistem free floating dengan 100 armada kendaraannya, yang mencakup unit Niro HEV baru. Kia berencana mengembangkan produk baru yang disesuaikan untuk meningkatkan layanan mobilitas berdasarkan data dari kendaraan layanan MoceanLab.

Di pasar negara berkembang, Kia juga sedang mempersiapkan perubahan dalam domain layanan mobilitas. Kia telah bermitra dengan perusahaan seperti Ola, perusahaan pemesanan kendaraan terbesar di India, kemudian Revv, sebuah perusahaan berbagi mobil India, dan Grab.

Kemitraan ini memungkinkan Kia untuk lebih memahami kebutuhan mobilitas pelanggannya dalam pengembangan kendaraan masa depan.


Baca juga: Kia berencana luncurkan mobil tiap enam bulan sekali

Baca juga: Kia ungkap desain Sonet, mobil kedua produksi India setelah Seltos

Baca juga: Misi Hyundai dan Kia jual satu juta mobil listrik pada 2025
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020