Atasi rambut rontok dengan makanan mengandung protein hingga biotin

Atasi rambut rontok dengan makanan mengandung protein hingga biotin

Ilustrasi rambut rontok (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Menjaga kebersihan kulit kepala penting untuk menghindari rambut rontok, namun asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari ternyata juga memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan rambut.

Rambut rontok disebabkan oleh banyak hal mulai dari faktor biologis hingga kurangnya nutrisi. Jika Anda merasa sudah merawat rambut dengan baik tapi tetap rontok, mungkin Anda harus memperbaikinya dari sisi makanan yang dikonsumsi.

Dilansir Indian Express, Minggu, salah satu bahan penting untuk mencegah rambut rontok adalah protein, maka sangat penting memasukkan makanan yang tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, susu, yogurt dan keju dalam menu sehari-hari.

Baca juga: Suka cabut uban? Siap-siap rambut rontok permanen

Baca juga: Mengapa polusi sebabkan rambut rontok? Begini penjelasannya


Zat besi dan vitamin C juga dibutuhkan untuk membuat rambut Anda kokoh. Sebab kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang berujung kerontokan rambut.

Lalu vitamin C dibutuhkan untuk mencegah rusaknya folikel rambut. Kedua kandungan ini dapat ditemukan di bayam, lentil, tiram, daging merah, apel, pepaya, lemon, jambu biji serta stroberi.

Setelah zat besi dan vitamin C terpenuhi, hal yang tidak boleh dilupakan dalam menu harian adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Omega 3 tidak hanya mencegah rambut rontok tetapi juga memastikan pertumbuhan rambut yang baik.

Omega 3 dapat memelihara folikel rambut Anda dan mengurangi peradangan yang memastikan pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut. Untuk mencukupi kebutuhan omega 3, Anda dapat menemukannya pada ikan, almond, kenari dan biji rami.

Selain itu, kandungan yang tidak boleh terlewati untuk mencegah rambut rontok adalah biotin. Biotin mampu meningkatkan produksi asam amino, yang membantu menghasilkan protein yang penting untuk pertumbuhan rambut. Biotin dapat ditemukan dalam kuning telur, avokad, almond, kembang kol, jamur, dan ubi jalar. Baca juga: COVID-19 bisa sebabkan pasien alami rambut rontok

Baca juga: Tips merawat rambut yang diwarnai

Baca juga: Cokelat hitam dapat bantu atasi masalah rambut rontok


Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar