Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (16/8) mulai dari Bank Indonesia (BI) yang akan meluncurkan uang khusus hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengkampanyekan untuk tidak menangkap ikan dengan menyetrum.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Peluncuran uang khusus seri HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Bank Indonesia (BI) dijadwalkan meluncurkan pengeluaran uang khusus seri peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia di Jakarta, Senin (17/8), pada pukul 11.15 WIB.

Departemen Pengelolaan Uang BI menjelaskan uang rupiah khusus adalah uang dikeluarkan secara khusus oleh BI dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu.

Berita selengkapnya klik di sini

2. HUT ke-75 RI momen bangkitkan korporasi tanaman pangan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI menjadi momentum untuk membangkitkan pengelolaan korporasi pertanian khususnya tanaman pangan.

"Korporasi pertanian menekankan sebuah keniscayaan hadirnya industri dalam satu hamparan luas dan atau pengelompokan sub kawasan klaster," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. "Banyuwangi Rebound" untuk pulihkan pariwisata

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, melalui kegiatan “Banyuwangi Rebound”.

“Pandemi COVID-19 mengubah strategi pengembangan pariwisata Banyuwangi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M Yanuar Bramuda.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Kampanye antrisetrum ikan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggencarkan kampanye di 13 desa di wilayah Banten, Cilacap, dan Pangandaran untuk tidak menangkap ikan dengan menyetrum.

"Pendekatan yang kami pilih adalah dengan turun langsung untuk mensosialisasikan kepada masyarakat," kata Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP Tb Haeru Rahayu.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Candi Borobudur dan Prambanan dikenalkan ke dunia internasional

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko ( Persero ) berkomitmen untuk memperkenalkan World Heritage Indonesia Candi Borobudur dan Candi Prambanan ke tingkat internasional melalui Program Twin World Heritage.

"Ini upaya yang digagas dan dilakukan untuk meningkatkan awareness wisatawan mancanegara dan menyejajarkan World Heritage di Indonesia dengan 10 destinasi World Heritage versi Trip Advisor,” kata Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Edy Setijono.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020