HUT Ke 75 RI

HUT RI, Wapres Ma'ruf kenakan pakaian adat melayu

HUT RI, Wapres Ma'ruf kenakan pakaian adat melayu

Foto Dok - Wakil Presiden Ma'ruf memimpin rapat virtual dari rumah dinas wapres di Jakarta, Kamis (13/8/2020). (Asdep Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat khas melayu saat menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Wapres Ma’ruf tiba di Istana Merdeka pukul 09.30 WIB dengan didampingi istrinya, Wury Estu Handayani, yang mengenakan baju kurung modern dan Songket Tabur.

Upacara Detik-Detik Proklamasi, dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, diselenggarakan secara sederhana karena kondisi pandemik COVID-19.

Baca juga: Puan Maharani hadir di Istana pakai Tekuluk Bai Bai dari Jambi

Presiden Joko Widodo, selaku Inspektur Upacara, memimpin langsung upacara yang dihadiri peserta baik secara fisik maupun virtual.

Presiden dan beberapa wakil presiden yang menjabat sebelumnya juga hadir secara virtual mengikuti upacara, antara lain Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Boediono dan Jusuf Kalla.

Dalam satu kesempatan, Wapres menuturkan bahwa kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia merupakan suatu berkat dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang dihasilkan melalui kegigihan perjuangan para pahlawan bangsa.

"Dengan semangat juang dan semangat kesatuan dan persatuan, kita jadikan sebagai landasan utama di dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan yang sejahtera," kata Ma’ruf di Jakarta, Jumat (14/8).

Semangat juang para pahlawan juga harus dijadikan landasan bagi bangsa Indonesia dalam melawan pandemik COVID-19, katanya.

"Dengan semangat itu pula kita jadikan landasan untuk menghadapi COVID-19 yang tengah menimpa bangsa kita dan bahkan seluruh bangsa di dunia," ujarnya.

Pada Senin sore, Ma’ruf Amin dijadwalkan juga mengikuti Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga: Tenaga medis di Sidoarjo pakai alat pelindung diri pada upacara HUT RI

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wapres : Jadikan ikrar sumpah pemuda inspirasi dan energi pemersatu bangsa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar