Jakarta (ANTARA) - Google hari ini menampilkan Doodle khusus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan Doodle di mesin pencari Search khas Indonesia.

Ketika membuka mesin pencari Google Search, Senin, pengguna akan melihat lambang Google dihiasi gambar karakter yang sedang mengibarkan bendera merah putih.

Huruf dan warna di logo Google berubah bentuk menjadi, antara lain, tiang panjat pinang, bunga bangkai, pulau kelapa dan laut.

Doodle Agustusan juga memuat karakter yang memakai baju adat dari Indonesia, antara lain dari Papua dan satu karakter yang sedang meniup tanjidor, orkes Betawi.

Baca juga: Merdeka tapi perjuangan belum selesai, kata Maudy Ayunda

Baca juga: Sherina sebut makna kemerdekaan sedang diuji


Google menjelaskan gambar tersebut dibuat oleh ilustrator Martcellia Liunic yang tinggal di Jakarta, berjudul "Tujuhbelasan".

"Saya memikirkan bagaimana biasanya kita menghias lingkungan tempat tinggal dengan bendera nasional dan kemerihahan, juga ada lomba, parade dan upacara bendera. Lagu nasional dinyanyikan hari itu," kata Liunic, di laman resmi Google Doodle.

Melalui Google Doodle Tujuhbelasan, Liunic ingin menggambarkan keberagaman di Indonesia, juga keindahann alam.

Google membuat ilustrasi Doodle di laman utama mesin pencari Search untuk memperingati peristiwa tertentu di negara-negara termpat mereka beroperasi, termasuk Indonesia.

Baca juga: Makna "Bhinneka Tunggal Ika" di Google Doodle untuk HUT RI ke-75

Baca juga: Perilaku konsumen berubah cepat, CMO ditantang lakukan pendekatan baru

Baca juga: Waktu tonton konten otomotif di YouTube meningkat selama pandemi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020