Sejarah bersama ini menjadi panggung bagi kepemimpinan kita dalam urusan global,
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengucapkan selamat untuk peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saya dengan senang hati menulis tentang kesempatan baik pada Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Inilah kesempatan negara memperingati perjuangan para Bapak Bangsa Indonesia mematahkan belenggu penjajahan untuk memproklamasikan kemerdekaan dan meletakkan dasar Republik Indonesia modern yang kita saksikan saat ini," kata Dubes Pradeep dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Dubes India itu mengatakan bahwa sejarah bersama kolonialisme yang dialami Indonesia dan India membuat kedua bangsa menjadi sangat dekat pada abad terakhir.

"Para pendiri kedua negara bekerja sama dengan erat, berbagi ide dan strategi, dan mendapatkan inspirasi dari perjuangan satu sama lain," katanya.

Baca juga: Kedubes India di Jakarta peringati Hari Republik

Menurut Dubes Pradeep, pentingnya India melekat pada Indonesia dapat dilihat dari fakta bahwa Presiden pertama Indonesia Soekarno adalah tamu kehormatan pada perayaan Hari Republik pertama India pada 1950.

"Sejarah bersama ini menjadi panggung bagi kepemimpinan kita dalam urusan global," ujar dia.

Demikian pula, Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955 yang mempertemukan negara-negara Asia dan Afrika yang baru merdeka.

"Bersama-sama, kita membantu menulis bab penutup kolonialisme dan urutan pembukaan Gerakan Non-Blok, yang menjalin ikatan kerja sama Selatan-Selatan dan solidaritas Afro-Asia," kata Pradeep.

Hubungan diplomatik India-Indonesia mungkin baru berusia lebih dari 70 tahun, tetapi tujuh dekade keterlibatan ini telah menghubungkan kembali rakyat India dan Indonesia, dan menyulut kembali persahabatan yang ditempa melalui hubungan peradaban yang sama, perjuangan bersama melawan kolonialisme dan upaya menuju kemajuan dan kemakmuran, kata Dubes India itu.

Baca juga: Kedubes India tampilkan sendratari Ramayana
Baca juga: Kedubes India pamerkan kebudayaan di Malang

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020