Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, meminta semua lapisan masyarakat untuk bersyukur terutama dalam memperingati hari ulang tahun ke-75 RI sekarang ini.

"Meski peringatan HUT ke-75 RI tahun ini penuh dengan keterbatasan, hal itu hendaknya tidak membatasi rasa syukur kita. Hal ini karena kemerdekaan sebagai ajang evaluasi sehingga bangsa semakin maju," kata dia, usai upacara HUT ke-75 RI, di Palembang, Senin.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Abadil, yang ditemui usai upacara mengucapkan selamat HUT ke-75 RI bagi warga Kemenag maupun warga Sumatera Selatan.

Baca juga: Tim Polda Sumsel sukses kibarkan merah putih di Gunung Dempo

Menurut dia, kemerdekaan merupakan anugerah besar dari Allah SWT dan harus diisi dengan penuh rasa syukur. “Peringatan HUT RI merupakan momentum yang tepat untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan sepenuh hati dalam rangka menjauhkan perpecahan dan permusuhan,” ujar dia.

Mengenai wabah COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini diharapkan segera diangkat dari bumi Indonesia tercinta. “Semoga pada bulan yang penuh sejarah ini, Allah SWT dengan qudrat dan iradatnya mengangkat wabah corona, serta melindungi bangsa dan negara kita dari keterpurukan akibat wabah ini," ujar dia.

Baca juga: Boediono: Generasi penerus harus disiapkan pimpin Indonesia

Peringatan HUT ke-75 Indoneisa pada tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peserta upacara dibatasi sesuai protokol kesehatan.

Komposisi petugas terdiri dari komandan upacara, tiga orang personel Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, pasukan parade upacara berjumlah 20 orang berasal dari TNI dan Polri, 24 orang personel Korps Musik, dan dua orang pembawa acara.

Pejabat yang hadir pada upacara bendera itu antara lain Ketua DPRD Sumatera Selatan, Anita Noeringhati, Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI Agus Suhardi, Kepala Polda Sumatera Selatan, Inspektur Jenderal Polisi Eko Indra Heri, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Marwadi Yayah, Komandan Korem 044/Garuda Dempo, Brigadir Jenderal TNI Jauhari Agus Suraji, dan Sekretaris Daerah Sumatera Selatan, Nasrun Umar.

Baca juga: Aceh Barat tetap gelar upacara HUT Kemerdekaan RI di tengah pandemi

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020