Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 guna mencegah penyebaran virus corona.

"Upacara HUT RI tidak seperti biasanya, karena ada petunjuk dari pemerintah pusat untuk tetap menerapkan protokol COVID-19," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan usai Upacaara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan meski pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-75 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, namun yang terpenting bagi kita HUT RI dimaknai sebagai perjuangan yang terinspirasi perjuangan para pahlawan.

Baca juga: Bukalapak maknai Kemerdekaan dengan mendukung produk lokal
Baca juga: Pakistan ucapkan selamat untuk HUT ke-75 kemerdekaan Indonesia
Baca juga: Menkeu-BI resmikan uang rupiah khusus HUT ke-75 RI pecahan 75.000


"Perjuangan para pahlawan kemerdekaan ini harus diimplementasikan, bagaimana kita berjuang bersama-sama melawan pendemi COVID-19, agar bangsa ini tetap bertahan, kuat dan lepas dari krisis ekonomi," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat tetap bersemangat dengan menginspirasikan perjuangan para pahlawan yang berjuang dengan tulus dan iklas merebut kemerdekaan bangsa ini dari penjajahan.

"Para pahlawan dengan tulus dan ikhlas memperjuangkan kemerdekaan dan mudah-mudahan bangsa ini terlepas dari pendemi COVID-19," katanya.

Ia berharap masyarakat untuk selalu mengikuti dan lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di era tatanan kehidupan baru atau "new normal", guna mencegah penyebaran virus corona.

"Dengan lebih disiplin menerapkan protokol COVID-19 itu merupakan salah satu bentuk ketulusan masyarakat dalam mengisi kemerdekaan ini," katanya. 
 

Pewarta: Aprionis
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020