Jakarta (ANTARA) - Singapura mengajak Indonesia untuk bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19 agar dapat melalui masa sulit ini, khususnya dalam momentum kemerdekaan RI, seperti disampaikan oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar, Senin.

"Kedua negara sedang melawan pandemi COVID-19 ini dengan berani. Saya yakin Indonesia dan Singapura dapat mengatasi tantangan ini. Ayo kita berjuang dan maju bersama," ujar Nayar dalam video yang diunggah di laman Facebook resmi "Singapore Embassy in Jakarta".

Dalam video tersebut, juga dijelaskan bahwa hubungan secara langsung masyarakat Indonesia dan Singapura terkendala akibat aturan penutupan perbatasan di kedua negara, yang diterapkan untuk menahan penyebaran penyakit infeksi virus corona tersebut.

Warga Indonesia dan Singapura tidak lagi dapat melakukan perjalanan ke negara satu sama lain semudah dulu, ketika belum terjadi wabah. "Namun kemana pun kita pergi di Singapura pastilah ada jejak untuk mengingat Indonesia."

Menurut data ASEAN Briefing di laman situs resmi yang dimutakhirkan hari ini, Indonesia mencatat sejumlah 139.549 kasus COVID-19 dengan 6.150 kematian per 16 Agustus, sementara Singapura mengonfirmasi total 55.747 kasus infeksi dan 27 kematian pada catatan hari yang sama.

Selain ajakan solidaritas melawan pandemi, Nayar juga menyampaikan ucapan selamat atas peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini. Ia berharap dapat menjalin hubungan bilateral yang lebih kuat pada masa mendatang.

"Atas nama Kedutaan Besar Singapura di Jakarta, saya ucapkan selamat Hari Kemerdekaan ke-75 untuk semua sahabat Indonesia," tutur Nayar.

"Ada banyak prestasi yang membanggakan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Singapura dan Indonesia juga telah menjalin hubungan yang kuat selama lima dekade terakhir," kata dia menambahkan.

Hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura dimulai sejak 1967, dan perdagangan merupakan bidang kerja sama utama yang dijalin kedua negara.

Akhir Juli tahun ini, Pemerintah Indonesia meluncurkan laman pusat informasi dan konsultasi bagi para investor Singapura, investindonesia.sg.

Baca juga: Indonesia luncurkan laman informasi, konsultasi untuk investor asing

Baca juga: Indonesia bisa contoh mitigasi Singapura hadapi pandemi COVID-19

Baca juga: Gojek resmi terintegrasi di Indonesia, Vietnam, Singapura dan Thailand


 

Batam-Singapura sinergi perangi COVID-19

Pewarta: Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020