Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengajak seluruh elemen bangsa untuk memaknai kemerdekaan Indonesia sebagai momentum untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang luhur dan berlandaskan Pancasila.

"Peringatan kemerdekaan Indonesia sebagai energi bagi bangsa Indonesia untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan mewujudkan kebhinekaan," kata Herman dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, kemerdekaan Indonesia bukan pencapaian akhir namun merupakan perjuangan tanpa henti untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang luhur dan berlandaskan Pancasila.

Baca juga: Upacara HUT ke-75 RI secara daring dapat penghargaan rekor dunia
Baca juga: Round up - Peringatan HUT RI di tengah pandemi berlangsung khidmat
Baca juga: Polisi nyatakan situasi Jayapura kondusif saat HUT RI


Sekaligus sebagai pengingat untuk terus menjaga serta merawat kekayaan alam, keragaman budaya, dan kebhinekaan bangsa, katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengutip pernyataan Bung Karno bahwa Negara Republik Indonesia adalah milik seluruh bangsa dari Sabang sampai Marauke.

"Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke," kata Herman mengutip pernyataan Bung Karno.

Dia menyerukan agar peringatan kemerdekaan terus membara seperti yang disampaikan Bung Karno bahwa kemerdekaan hanya diperoleh dan dimiliki bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad "Merdeka, merdeka atau mati".

Herman berharap semoga semangat kemerdekaan terus membara dalam diri semua masyarakat Indonesia sehingga menjadi bahan bakar dan energi yang tidak pernah habis mewujudkan Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020