Jadikan tugas dan tantangan ini sebagai lahan ibadah
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat agar perjuangan melawan COVID-19 dapat menjadi lahan ibadah sehingga mampu melewati ujian ini untuk bangkit menjadi bangsa lebih kuat dan berjaya.

"Jadikan tugas dan tantangan ini sebagai lahan ibadah. InsyaAllah kita akan mampu melewati tantangan hari ini dan bangkit menjadi bangsa yang lebih kuat dan semakin berjaya dalam berabad ke depan," katanya menjawab pers usai Upacara Peringatan HUT ke-75 RI di Balai Kota Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, kata Anies, pihaknya mengajak jajarannya untuk menetapkan hati dan bersatu dalam menjalankan tugas dengan keyakinan dan semangat juang tinggi, yang bertujuan melindungi warga dengan segala daya dan upaya serta mendoakan keselamatan bagi mereka.

"Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia adalah janji kemerdekaan yang menjadi tanggung jawab konstitusional pertama dan terutama bagi kita (abdi negara), tidak boleh ada keraguan di dalamnya, bahwa keselamatan dan kesehatan rakyat ada di atas segala urusan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Anies sebut 75 tahun Indonesia saat kepahlawanan kembali muncul
Baca juga: Ahad, positif COVID-19 Jakarta bertambah 518 kasus


Lebih lanjut, Anies mengingatkan pada jajaran Pemprov DKI Jakarta bahwa usia 75 tahun Indonesia merdeka akan menjadi catatan sejarah yang dikenang sepanjang masa dan mereka juga adalah bagian darinya, sehingga akan menjadi kisah baik atau buruk adalah pilihan mereka sendiri.

"Karenanya, mari kita renungkan apa yang dilakukannya saat-saat pandemi COVID-19 ini, apakah akan diisi kebohongan atau kebanggaan," katanya.

Mantan Menteri Pendidikan ini juga mengajak untuk merenung dan mengingat momen saat ini untuk bercerita bersama anak dan cucu, apakah akan terpaksa harus menyembunyikan cerita tidak ikut menjaga sesama karena abai pada protokol kesehatan, atau mampu bertutur bangga sebagai bagian dari yang ikut bertabah dan berjuang melawan wabah.
 
"Kelak kita akan pertanggungjawabkan pula pada yang maha kuasa segala putusan dan tindakan yang kita ambil dalam menjalani ujian ini," ucap Anies.

Baca juga: Anies dalam sambutan HUT RI soroti masih adanya warga yang pesimis
Baca juga: Upacara 17 Agustus di Balai Kota Jakarta hanya diikuti 100 peserta


Anies menjalankan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020 di Balai Kota Jakarta di tengah masih merebaknya pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19), dengan hanya 100 peserta.

Mereka terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan eselon dua ke atas dan perwakilan dari dinas-dinas di lingkungan DKI Jakarta.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020