HUT Ke-75 RI

Bendera berukuran besar dibentangkan di Situ Gede Tasikmalaya

Bendera berukuran besar dibentangkan di Situ Gede Tasikmalaya

Sejumlah panitia membentangkan bendera merah putih ukuran besar di Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (17/8/2020. (ANTARA/HO-Panitia)

Tasikmalaya (ANTARA) - Komunitas pecinta alam membentangkan bendera Merah Putih berukuran besar 75x45 meter dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di tengah danau kawasan Objek Wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin.

Ketua Forum Komunitas Pecinta Alam Tasikmalaya (FKPAT) Ruhimat Maos mengatakan, pengibaran bendera berukuran besar itu merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap peringatan kemerdekaan RI pada 17 Agustus.

"Kita membentangkan bendera Merah Putih ukuran besar ini dalam rangka memperingati momen 17 agustusan," kata Ruhimat.

Baca juga: Mahasiswa Untidar kibarkan bendera ukuran besar di Jembatan Blondo

Ia menuturkan, kegiatan membentangkan bendera Merah Putih di Situ Gede merupakan pertama kali dilaksanakan pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tahun sebelumnya, kata dia, upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan membentangkan bendera ukuran besar dilaksanakan di kawasan Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya.

"Awalnya kita memang ingin membentangkan bendera raksasa di Galunggung, namun, hingga saat ini kegiatan di Galunggung masih dibatasi, jadi kita pindah ke wilayah kota," katanya.

Ia berharap, pembentangan bendera Merah Putih raksasa di Situ Gede tidak hanya menunjukkan kecintaan terhadap bangsa Indonesia, tetapi bisa mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan.

Terbukti saat kegiatan pembentangan bendera Merah Putih di Situ Gede, kata dia, banyak pengunjung yang hadir, tercatat ada sekitar seribuan orang.

Baca juga: Charlene Junus terharu masker buatannya dipakai Wakil Presiden

"Sekarang saja dari catatan kita sudah ada sekira seribuan orang yang datang ke Situ Gede," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan itu tidak hanya dilakukan oleh jajaran komunitas pecinta alam, tapi melibatkan organisasi lain seperti dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Basarnas.

Seluruh elemen yang terlibat dalam acara itu, kata dia, tidak hanya upacara pengibaran bendera saja, tapi melakukan aksi bersih-bersih lingkungan seperti memungut sampah di kawasan wisata tersebut.

"Dengan kegiatan ini kita juga ingin menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan kepada orang yang datang ke sini," kata Ruhimat.

Pembentangan bendera Merah Putih di tengah danau itu melibatkan sejumlah orang menggunakan perahu karet untuk menarik kencang bendera dari setiap sudut.

Setelah bendera merah putih terbentang, para panitia maupun pengunjung bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.***3***

Baca juga: HUT ke-75 RI, Menaker ajak wujudkan Indonesia jadi negara terbaik
Baca juga: Ketua Komisi III: HUT RI momentum wujudkan cita-cita luhur bangsa
Baca juga: Round up - Peringatan HUT RI di tengah pandemi berlangsung khidmat

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pengibar turunkan bendera putih di Ampel Surabaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar