Biasanya kami mengadakan di Balai Kota Kediri, karena pandemi COVID-19, kami datang ke sini (rumah veteran) untuk silaturahmi
Kediri, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Hari HUT Kemerdekaan RI ke-75 memberikan santunan untuk para perintis kemerdekaan di kota itu, sekaligus mengajak generasi muda untuk tetap semangat berjuang meniru perjuangan para veteran tersebut.

"Ini sebenarnya kegiatan yang diadakan rutin setiap Agustus. Biasanya kami mengadakan di Balai Kota Kediri, karena pandemi COVID-19, kami datang ke sini (rumah veteran) untuk silaturahmi," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar setelah kegiatan pemberian tali asih untuk para perintis kemerdekaan di Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Senin.

Ia menambahkan, biasanya para perintis kemerdekaan ini selalu bercerita kepada dirinya saat bertemu langsung tentang perjuangan para tentara dan warga dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Perjuangan mereka juga bisa menjadi suri tauladan yang baik kepada generasi muda demi membangun bangsa.

"Biasanya mereka cerita ke kami, perjuangan yang bukan perjuangan biasa. Tidak hanya air mata, tapi darah yang diperjuangkan. Mudah-mudahan kedatangan kami bisa juga sebagai motivasi kami agar berjuang lebih keras lagi, supaya memajukan Kediri. Anak-anak muda bisa memajukan Indonesia," kata Abdullah Abu Bakar.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut menambahkan terdapat enam perintis kemerdekaan yang mendapatkan tali asih dalam momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Indonesia tersebut.

"Ada enam perintis kemerdekaan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ini. Kemudian juga kemarin kami terima dari provinsi. Ada enam penerima dalam rangka hari ulang tahun juga. Jadi, enam dari pemkot dan enam dari provinsi," kata Triyono.

Ia mengatakan bahwa tali asih yang diberikan tersebut berupa paket bahan pokok dan uang tunai. Semuanya langsung diberikan pada penerima.

Sementara itu, Hendrik Adolf Leonard Unwaru, salah satu perintis kemerdekaan dari Kota Kediri mengaku bangga dan senang Wali Kota Kediri berkunjung ke kediamannya tepat di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hendrik juga berpesan agar generasi muda harus lebih semangat dan lebih baik lagi.

"Saya bangga dan senang sekali Pak Wali Kota menghampiri kesini. Untuk generasi muda sekarang harus lebih maju lagi. Kalau zaman kami hidupnya serba kekurangan. Masih celana pendek, tanpa alas kaki, jalan belum aspal. Jadi anak-anak sekarang harus semangat dan lebih maju," kata Hendrik memberikan semangat. 

Baca juga: Ribuan pemuda Kota Kediri kirab Merah Putih ukuran raksasa

Baca juga: Wali Kota Kediri apresiasi pembangunan bandara Kediri

Baca juga: Santri diimbau teladani semangat ulama bela NKRI

Baca juga: Kediri raih penghargaan Kota Peduli HAM keempat kalinya

Baca juga: Imigrasi Kediri sanksi puluhan WNA terkait dokumen

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020