Jakarta (ANTARA) - Vincent Kompany telah mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola dan selanjutnya mengambil alih posisi manajer penuh Anderlecht, kata klub Pro League Belgia itu, Senin.

Pesepak bola berusia 34 tahun yang telah berbagi tugas menangani tim utama bersama Frank Vercauteren, akan menjadi pelatih kepala selama empat musim mendatang.

Kompany bergabung dengan Anderlecht sebagai manajer pemain pada Mei tahun lalu setelah menghabiskan waktu 11 tahun bersama tim Liga Premier Inggris, Manchester City.

Ia berhenti dari perannya di manajemen tiga bulan kemudian untuk konsentrasi bermain.

Anderlecht finis di urutan delapan dalam Pro League Belgia musim lalu dengan Kompany tampil 15 kali.

Baca juga: Kompany awali karir kepelatihan dengan kekalahan
Baca juga: Rekrut Kompany tanpa sertifikat, Anderlecht didenda


"Saya ingin berkomitmen sepenuhnya pada peran saya sebagai pelatih dan membutuhkan 100 persen waktu dan fokus saya untuk itu. Itu lah mengapa saya berhenti sebagai pemain sepak bola," kata Kompany seperti dikutip Reuters, Senin.

"Saya ingin tetap bersama klub selama sedikitnya empat musim dan membuktikan bahwa Anderlecht bisa memainkan gaya sepak bola modern, dengan hasil."

Kompany bergabung dengan Manchester City dari Hamburg pada 2008 dan menjadi kapten. Selanjutnya membantu The Citizens itu memenangi empat gelar Liga Premier, dua Piala FA dan empat Piala Liga.

Ia tampil 89 kali untuk Belgia dan adalah bagian dari skuat yang berakhir di tempat ketiga pada Piala Dunia 2018.

Kompany akan memulai debut manajerialnya pada pertandingan liga melawan Mouscron, Minggu. Anderlecht berada di urutan ketiga dalam klasemen dengan empat poin dari dua pertandingan.

Baca juga: Fans lempar kembang api, Anderlecht terkena sanksi
Baca juga: Manchester City, Barcelona dan Sevilla berebut pemain belia Anderlecht

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020