Serang (ANTARA) - Sebanyak 1.039 warga binaan atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Banten menyatakan siap menjadi relawan vaksin COVID-19.

Kesiapan tersebut disampaikan perwakilan warga binaan dengan menandatangani surat pernyataan di hadapan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy pada acara penyerahan remisi umum narapidana dalam rangka peringatan HUT ke-75 RI di Lapas Kelas II A Cilegon, Senin.

"Tentu saya sangat bangga dengan kesiapan para relawan ini, karena info Pak Kakanwil tadi Banten termasuk yang pertama memiliki relawan ini," kata Wagub Banten Andika.

Terkait itu, Wagub mengaku bersyukur karena Provinsi Banten kini telah keluar dari episentrum penyebaran COVID-19. Dari peringkat ketiga pada Maret lalu, per 16 Agustus Provinsi Banten telah berada di peringkat ke 14.

Baca juga: Dirjenpas harapkan napi penerima remisi bebas bisa mandiri

Hal itu, kata Andika, ditunjukkan dengan sudah berubahnya peta sebaran COVID-19 di Banten yang pada Maret lalu tiga kabupaten/kota di wilayah Tangerang masuk zona merah, kini sudah masuk zona kuning.

"Meski begitu masih terus harus waspada dan berhati-hati, karena tidak menutup kemungkinan peringkat kita akan kembali naik dan petanya kembali masuk zona merah kalau tidak disiplin," kata Andika.

Pada acara tersebut, Wagub menyerahkan SK Pemberian Remisi Umum kepada perwakilan warga binaan Lapas Kelas II A penerima remisi dengan disaksikan secara virtual oleh Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly yang menghadiri acara Nasional tersebut di Lapas Kelas II A Mataram, NTB. Di acara tersebut, seluruh Gubernur atau Wakil Gubernur di Indonesia secara serentak menyerahkan SK remisi umum untuk warga binaan di wilayah mereka masing-masing.

Untuk di Banten, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Banten Andika Dwi Prasetya menyebutkan, sebanyak 5512 narapidana dan anak mendapatkan remisi umum HUT RI tahun ini.

"Dengan 153 orang diantaranya bebas langsung pada hari ini," katanya.

Baca juga: 119.175 narapidana terima remisi HUT Ke-75 Republik Indonesia

Baca juga: 1.783 narapidana di NTT dapat remisi HUT kemerdekaan

Pewarta: Mulyana
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020