MRI ACT Sulteng gelar peringatan HUT RI di wilayah terpencil Sigi

MRI ACT Sulteng gelar peringatan HUT RI di wilayah terpencil Sigi

Antusias anak-anak di kampung mualaf binaan ACT Sulteng di Desa Padende, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, mengikuti lomba yang dilaksanakan MRI ACT dalam peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI. (ANTARA/HO-Humas ACT Sulteng)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Tengah, menggelar peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, di wilayah terpencil yang ada di Kabupaten Sigi.

"Meski kami melaksanakan kegiatan ini di daerah terpencil seperti ini, namun kami tetap mengingatkan warga untuk selalu mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ucap Tim MRI Sulteng Aisyah Marzuki, di Sigi, Senin.

Aisyah Marzuki mengatakan perayaan HUT RI kali ini sedikit berbeda. Pasalnya, selain mengikuti protokol kesehatan, MRI Sulteng juga harus menitikfokuskan satu lokasi serta tidak diperuntukkan untuk umum.

Lokasi yang dimaksud ialah Kampung Mualaf yang berada di Desa Padende, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi.

Baca juga: Penyintas banjir bandang Kulawi-Sigi butuh bantuan pangan dan pakain

Baca juga: ACT: Penyintas banjir Sigi Biromaru butuh pakaian dan selimut


Di kampung itu, MRI ACI bersama warga setempat memasang warna khas merah putih untuk menghiasi perkampungan tersebut yang berada di kaki gunung.

Aisyah mengungkapkan, alasan MRI Sulteng menyelenggarakan HUT RI di Kampung Mualaf Desa Padende untuk menumbuhkan rasa nasionalis warga di perkampungan.

"Kami harap kegiatan ini bisa meningkatkan kecintaan warga terhadap Indonesia, kami juga memberikan sedikit edukasi kepada mereka bahwa seperti apa jiwa nasionalis itu," tuturnya.

Di kampung itu, MRI ACT menggelar lomba untuk memeriahkan Perayaan HUT RI, di antaranya makan kerupuk, lari kelereng, tiup balon, pakai baju, hafal Pancasila serta hafal lagu kebangsaan.

Selain menyelenggarakan lomba, MRI-ACT Sulteng juga menyalurkan sedekah pangan untuk seluruh warga di kampung mualaf tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada MRI dan ACT karena sudah melaksanakan HUT RI di kampung kami, ke depan kami berharap agar selalu dilakukan pendampingan seperti sebelumnya," kata Pembina Kampung Mualaf Desa Padende, Istan.

Istan berharap MRI-ACT Sulteng bisa memperhatikan keberlangsungan pendidikan anak-anak di kampung mualaf tersebut.

Pasalnya, kata dia, semangat anak-anak untuk belajar di kampung tersebut begitu tinggi.

"Mudah-mudahan kita bisa dibantu lagi oleh MRI-ACT Sulteng, Terimakasih ACT," katanya.*

Baca juga: Petani Sigi mulai nikmati manfaat sumur pertanian bantuan ACT

Baca juga: Minim informasi, ACT sosialisasi pencegahan Covid-19 di Huntara

 
Antusias anak-anak di kampung mualaf binaan ACT Sulteng di Desa Padende, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, mengikuti lomba yang dilaksanakan MRI ACT dalam peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI. (ANTARA/HO-Humas ACT Sulteng)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

ACT kirimkan bantuan warga Sumut ke Sulteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar