Kemarin, menteri bagi tautan film ilegal hingga mobil pusaka Indonesia

Kemarin, menteri bagi tautan film ilegal hingga mobil pusaka Indonesia

Mobil Rep 1 di gedung penyimpanan koleksi mobil pusaka di Museum Gedung Joang '45 Jakarta, Jumat (14/8/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta (ANTARA) - Banyak berita menarik pada hari perayaan kemerdekaan 17 Agustus yang masih layak dibaca hari ini, mulai dari komentar sineas mengenai tautan ilegal film Indonesia yang dicuitkan Menteri Tjahjo Kumolo, cerita aktris Sekar Sari saat menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Yogyakarta, tiga mobil pusaka yang yang digunakan di masa awal Kemerdekaan RI, napak tilas detik-detik kemerdekaan RI di tiga lokasi bersejarah Jakarta juga cicit buyut kakak kandung WR Soepratman menyanyikan lagu "Indonesia Raya".

1. Cerita Sekar Sari jadi Paskibraka, sepatu lepas hingga makan dua porsi
17 Agustus 2005 adalah hari yang tak terlupakan bagi aktris Sekar Sari. Lima belas tahun silam, dia bertugas sebagai salah satu anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di kota Yogyakarta.

2. Joko Anwar pertanyakan unggahan Menteri Tjahjo Kumolo soal tautan film
Sutradara Joko Anwar mempertanyakan unggahan Menteri Tjahjo Kumolo soal tautan, link, film-film bertema perjuangan yang dibagikan melalui akun Twitter.

3. Mengenal tiga mobil pusaka yang digunakan di masa awal Kemerdekaan RI
Selain memiliki koleksi arsip, lukisan, foto, dan patung di masa detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia, Museum Gedung Joang '45 juga memiliki koleksi tiga mobil pusaka yang bisa dilihat oleh pengunjung.

4. Napak tilas detik-detik kemerdekaan RI di tiga lokasi bersejarah
Peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun sudah tiba, maka tak salah jika masyarakat merayakannya dengan kembali menjelajahi waktu 75 tahun silam ke tempat-tempat bersejarah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, yang bisa dikunjungi secara kronologis.

5. HUT ke-75 RI, Andrea Turk nyanyikan ulang lagu "Indonesia Raya"
Penyanyi Andrea Turk yang juga merupakan cicit buyut dari kakak kandung WR Soepratman menyanyikan ulang lagu "Indonesia Raya" untuk merayakan HUT RI ke-75.
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Musisi Andrea Turk ajak pemuda Indonesia berprestasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar