Dengan Commuter Pay, pengguna lebih mudah untuk naik KRL Commuter Line dan tidak perlu mengantri dua kali...
Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerbitkan Kartu Commuter Pay yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di seluruh moda transportasi dan belanja.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar dalam pernyataan di Jakarta, Selasa, mengatakan kerja sama ini dapat membuat para pengguna commuter line maupun transportasi publik lainnya hanya perlu memiliki satu kartu untuk melakukan transaksi pembayaran.

"Inisiatif ini dapat lebih memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik karena hanya memerlukan satu kartu saja. Kartu Commuter Pay ini dapat dibeli masyarakat di loket-loket stasiun kereta kommuter mulai Oktober 2020," kata Royke.

Baca juga: KCI wajibkan pembayaran dengan kartu multitrip di lima stasiun KRL

Kartu yang menggunakan platform Mandiri e-money ini juga dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemegang kartu, seperti pembayaran tol, parkir, MRT, LRT, Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans, Pembayaran di SPBU, wahana liburan, restoran maupun belanja di toko retail lainnya.

Saat ini Bank Mandiri telah menerbitkan kartu berlogo Mandiri e-Money mencapai lebih dari 21,6 juta kartu. Hingga akhir Juli 2020, frekuensi finansial Mandiri e-Money mencapai 469 juta transaksi dengan nilai lebih dari Rp7,4 triliun.

Sementara itu Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan penggunaan kartu Commuter Pay juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi transaksi dengan uang tunai.

"Dengan Commuter Pay, pengguna lebih mudah untuk naik KRL Commuter Line dan tidak perlu mengantri dua kali, yaitu antri isi ulang atau membeli Tiket Harian Berjaminan (THB) serta antri menuju masuk gate elektronik stasiun," kata Didiek.

Baca juga: PT KCI targetkan KMT jadi uang elektronik tahun ini

Pada Juli 2020 dibanding THB, penggunaan uang elektronik perbankan dan Kartu Multi Trip (KMT) pada layanan KRL mencapai 75 persen. Persentase tersebut meningkat dibandingkan Juli 2019 sebesar 69 persen.

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti menambahkan Sejak 3 Agustus 2020 pihaknya telah menambah jumlah stasiun yang hanya melayani KMT dan Kartu Uang Elektronik Bank. Total saat ini terdapat delapan stasiun khusus transaksi non-tunai, di antaranya stasiun dengan volume pengguna tinggi yaitu Bogor, Cilebut, dan Cikarang.

Untuk merayakan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia, KAI juga menerbitkan Commuter Pay edisi HUT ke-75 RI, dengan tema Indonesia Maju

Baca juga: KCI jual 751 ribu kartu multi trip sepanjang 2019
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020