Waskita telah mengedepankan penerapan praktik/pelaksanaan K3 sebagai ciri khas sistem manajemen yang telah matang
Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk kembali mendapatkan penghargaan dari World Safety Organization (WSO) untuk kategori penilaian budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang sudah dijalankan dengan sangat baik atau level 4 (Pro Active).

Pada level tersebut, emiten berkode WSKT itu menjadi perusahaan teruji di lapangan maupun administrasi dari hasil survei dan observasi mendalam.

"Waskita telah mengedepankan penerapan praktik/pelaksanaan K3 sebagai ciri khas sistem manajemen yang telah matang," kata SVP QHSE & System Division Waskita Karya Subkhan dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Waskita Karya sudah bangun 1.300 km jalan tol di Indonesia

Alat ukur survei kuesioner dan observasi lapangan atau administrasi yang digunakan adalah kuesioner yang telah teruji dan pernah dilakukan oleh Ostrom dan lainnya di Departemen Energi Amerika Serikat.

Instrumen ini telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya.

Terdapat 19 dimensi budaya aspek K3 yaitu Safety awareness, Teamwork, Pride & Commitment, Excellency, Honesty, Communication, Leadership & Supervision, Innovation, Training, Procedure compliance, Safety effectiveness, Facilities, Selection & placement, Emergency, Risk Management, Application, Socialization, Involvement, Priority of safety.

"Safety leadership (kepemimpinan) dan nilai-nilai keselamatan sudah menuju ke arah peningkatan berkelanjutan atau continuous improvement. Lalu keterangan hasil penghargaan dari keseluruhan budaya aspek K3, secara keseluruhan/umum PT Waskita Karya (Persero) Tbk menunjukkan level budaya K3 yang baik," kata CEO WSO International Alfredo.

Selanjutnya, Alfredo menerangkan, pencapaian menuju level tertinggi masih satu level lagi yaitu menuju tingkat World Class (Generative). Diperlukan upaya-upaya peningkatan perilaku budaya K3 dengan melibatkan peran aktif seluruh personil/elemen (bringing it to life).

Sebelumnya, Waskita Karya meraih penghargaan dari WSO untuk kategori perusahan terbaik yang berkomitmen dan mengimplementasikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) atau Occupational Health and Safety (OHS) tingkat dunia pada 2019. Saat itu, SVP QHSE & System Division Waskita Karya Subkhan yang menerima langsung penghargaan itu di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Baca juga: Proyek konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing Waskita Beton ambruk
Baca juga: Waskita Karya raih kontrak baru Rp8,13 triliun per Juni 2020

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020