Raisa-Isyana tampil memukau pada konser virtual GBN

Raisa-Isyana tampil memukau pada konser virtual GBN

Tangkapan layar - Konser virtual Gita Bahana Nusantara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI di Jakarta, Senin (17/8/2020). (ANTARA/HO- Dok pri)

Saya yakin kali ini teman-teman seniman mampu adaptasi untuk menampilkan secara virtual
Jakarta (ANTARA) - Raisa dan Isyana Sarasvati, dua penyanyi ternama Indonesia, tampil memukau dalam konser virtual bersama peserta paduan suara orkestra Gita Bahana Nusantara, Senin (17/8).

Penampilan dua penyanyi begitu memukau ketika membawakan lagu yang diiringi konduktor Purwacaraka dalam Konser Virtual GBN yang disiarkan televisi swasta.

Raisa mengatakan bahwa penampilan tersebut merupakan pengalaman berharga bagi dirinya, terlebih lagi penampilannya di HUT Ke-75 RI.

"Ini pengalaman pertama bagi saya, sehingga sangat berharga apalagi bisa gabung dengan peserta GBN yang suaranya cukup luar biasa sekali," ujar Raisa dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Awalnya, Raisa mengaku kaget saat diminta untuk bergabung dalam konser virtual.

Menurut dia, peserta GBN adalah anak-anak muda yang terlatih dan mempunyai bakat yang bagus.

"Mereka semuanya yang terbaik terpilih dari berbagai daerah," kata dia.

Isyana mengaku sempat merinding saat diajak berkolaborasi dengan peserta GBN.

"Aku merinding, meskipun hanya bertemu muka dan tidak secara langsung. Tahu peserta GBN mempunyai talenta yang luar biasa," katanya.

Baca juga: Konser musik virtual "Indonesia Maju" dimeriahkan RAN hingga Slank

Ia berharap, bisa tampil bersama dengan para peserta GBN pada kesempatan berikutnya.

"Saat ini, kondisi bangsa tidak memungkinkan bertemu secara langsung dan hanya bisa tampil secara virtual. Ya semoga saja tahun depan bisa tampil sepanggung," katanya.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan, mengatakan Gita Bahana Nusantara adalah Indonesia mini dalam suatu orkestra.

"Tampil di upacara ini suatu kebanggaan, kita harus tampil secara virtual, maka kita harus bekerja keras. Saya yakin kali ini teman-teman seniman mampu adaptasi untuk menampilkan secara virtual," katanya.

Setiap tahun, menjelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan pembinaan terhadap generasi muda berbakat dari seluruh provinsi di Indonesia.

Salah satunya turut menjadi bagian dari Pergelaran Orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) pada Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka-Jakarta.

Namun, pada HUT Ke-75 RI ini para peserta GBN tidak bisa tampil seperti biasanya menghibur rakyat Indonesia dan tampil di Istana secara langsung karena pandemi COVID-19 belum usai.

GBN terdiri atas 136 peserta paduan suara dan 45 orang yang mengiringi lagu-lagu nasional dan nusantara lewat orkestra.

Menurut Restu, situasi berbeda kali ini bukan menjadi penghalang semangat paduan suara untuk tampil.

Walau secara virtual, katanya, apa yang ditampilkan tetap ditanamkan suatu kebanggaan layaknya kehadiran fisik di Istana Kepresidenan.

"Kali ini teman-teman seniman mampu melakukan adaptasi secara maksimal untuk tampil secara virtual," kata Restu.

Baca juga: Ardhito Pramono, Barasuara sambut HUT RI lewat konser virtual
Baca juga: Bali Revival 2020 bangkitkan bisnis konser musik Indonesia

 

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden silaturahmi dengan Paskibraka dan GBN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar